KH Abdul Chalim Leuwimunding diusulkan jadi Pahlawan Nasional

id Ayah kandung KH Asep Saifuddin Chalim,KH Abdul Chalim Leuwimunding,pendiri Nahdlatul Ulama ,Abdul Chalim pahlawan nasional,Menko Polhukam Mahfud MD

KH Abdul Chalim Leuwimunding diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) didampingi pengasuh Ponpes Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Chalim menyampaikan keterangan pers di Surabaya, Sabtu (29/4/2023) malam. (ANTARA/Hanif Nashrullah)

dinilai turut berperan dalam pendirian Nahdlatul Ulama (NU)
Surabaya (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendukung mendiang KH Abdul Chalim Leuwimunding yang sedang diusulkan untuk ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional.

"Mudah-mudahan saya bisa bantu karena saya juga menjabat Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan," kata Mahfud dalam keterangannya di Surabaya, Minggu.

Mahfud menyarankan, agar usulan KH Abdul Chalim Leuwimunding sebagai Pahlawan Nasional segera didaftarkan ke Kementerian Sosial. Hal itu ditegaskan Mahfud di sela silaturahim dan halal bihalal bersama sejumlah kiai dan ulama di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/4) malam.

Mendiang KH Abdul Chalim Leuwimunding adalah ayah kandung KH Asep Saifuddin Chalim, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

Riwayat KH Abdul Chalim Leuwimunding

Semasa hidupnya, KH Abdul Chalim Leuwimunding dinilai turut berperan dalam pendirian Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa Islam yang kini memiliki banyak anggota atau dinilai terbesar se-Indonesia.

Selain itu, KH Abdul Chalim Leuwimunding juga dikenal sebagai mentor politik dan spiritual Laskar Hizbullah saat perjuangan melawan penjajah untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Usulan KH Abdul Chalim Leuwimunding untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional telah disosialisasikan melalui tiga kali seminar yang digelar di Majalengka, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

"Setelah didaftarkan di Kementerian Sosial, nanti masuk ke meja saya sebagai Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan," ujarnya.