Puluhan UKM Lombok Tengah dilibatkan pada ajang MXGP 2023

id MXGP,MXGP Mataram,UKM MXGP,Mataram

Puluhan UKM Lombok Tengah dilibatkan pada ajang MXGP 2023

Sejumlah pembalap saling memacu motornya saat balapan pada seri ke-12 kejuaraan dunia motocross MXGP Samota 2022 di Rocket Motor Circuit, Sumbawa, NTB, Minggu (26/6/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyatakan puluhan usaha kecil dan menengah (UKM) dilibatkan pada ajang Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023 di Sirkuit Samota, Sumbawa, NTB, pada 23-25 Juni 2023.

"Puluhan para UKM perwakilan Lombok Tengah sudah berangkat menuju Samota didampingi empat petugas," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lombok Tengah Iksan di Praya, NTB, Rabu.

Menurut dia, UKM itu berangkat ke Sumbawa menggunakan dana swadaya atau tidak seperti tahun sebelumnya yang difasilitasi pemerintah daerah.

Iksan mengatakan pemerintah daerah tidak memfasilitasi para UKM di ajang MXGP tersebut dengan tujuan supaya mereka bisa mandiri, sehingga siap dengan segala resiko baik untung maupun rugi.

"Event ini untuk uji kemandirian para UKM kita," katanya.

Para pebalap dan kru MXGP direncanakan tiba di Sumbawa pada 22 Juni 2023.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan secara persiapan penyelenggaraan baik MXGP di Samota maupun Selaparang, Lombok, sudah siap melaksanakan ajang balap motorcross paling bergengsi di dunia itu.

"Mudah-mudahan tidak ada aral melintang semuanya sudah siap," ujarnya.

Sementara itu, terkait kesiapan lintasan sirkuit, Bang Zul sapaan akrabnya mengatakan sudah mencapai 90 persen.

"Sirkuitnya sudah 90 persen, baik yang di Lombok dan Samota. Kalau ada perbaikan tinggal dandan-dandan terakhir lah," katanya.

Sebelumnya, Humas Carsten Gruop Indonesia selaku EO MXGP Samota-Lombok Baiq Yulia menyampaikan per Minggu (18/6/2023), penjualan tiket MXGP Sumbawa pada 23-25 Juni 2023 dan Lombok 1-2 Juli 2023 telah terjual 4.200 lembar.