Banyumas siapkan pengamanan objek wisata selama cuti bersama

id polresta banyumas,pengamanan objek wisata,idul adha

Banyumas siapkan pengamanan objek wisata selama cuti bersama

Dokumentasi - Anggota Polresta Banyumas mengatur arus kendaraan wisatawan yang meninggalkan Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (23/4/2023). ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas menyiapkan pengamanan sejumlah objek wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan wisatawan pada masa cuti bersama pada Lebaran Besar 2023.

"Untuk pengamanan objek wisata, kami dari Polresta Banyumas melaksanakan KRYD, kegiatan rutin yang ditingkatkan, mulai 27 Juni hingga 2 Juli," kata Kepala Bagian Operasi Polresta Banyumas Komisaris Polisi Agus Amjat Purnomo di Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Menurut dia, pengamanan objek wisata tersebut diampu oleh kepolisian sektor (polsek) setempat seperti Kawasan Wisata Baturraden dari Polsek Baturraden, Taman Mas Kemambang dari Polsek Purwokerto Timur, dan Menara Teratai dari Polsek Purwokerto Barat. Selain itu, kata dia, Polresta Banyumas juga melaksanakan patroli Satgas Preventif  terdiri atas Satgas Binmas dan Satgas Samapta. "Patroli mobile itu di seluruh objek wisata, tempat-tempat keramaian, maupun tempat pemberangkatan penumpang seperti stasiun dan terminal bus," jelasnya.

Dalam hal ini, kata dia, pengamanan stasioner dilakukan oleh polsek setempat, sedangkan pengamanan bergerak atau patroli dilaksanakan oleh Polresta Banyumas. Selain itu, lanjut dia, Polresta Banyumas juga memantau situasi arus lalu lintas melalui pos pantau yang tersebar di lima titik. "Namun, sampai saat ini belum tampak peningkatan arus di jalan raya maupun jalur wisata karena mungkin masih disibukkan dengan kegiatan Iduladha 1444 Hijriah," tegasnya.

Baca juga: Cianjur melibatkan PHRI promosi objek wisata
Baca juga: Optimalkan pengawasan dan pengelolaan wisata, Pemkot mataram bentuk Pokdarwis Pantai Ampenan


Kompol Amjat memperkirakan peningkatan kunjungan wisata akan mulai terjadi pada hari Jumat (30/6) hingga Minggu (2/7). Menurut dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas terkait dengan perkiraan lonjakan kunjungan wisatawan tersebut.