Pembangunan KIHT Lombok Tengah dapatkan anggaran Rp4,3 miliar

id KIHT Lombok Tengah ,Tembakau Lombok Tengah,Anggara KIHT Lombok Tengah Rp43 miliar,KIHT

Pembangunan KIHT Lombok Tengah dapatkan anggaran Rp4,3 miliar

Plh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, M Zarkasi (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Desa Barebali, Kecamatan Batukliang mendapatkan anggaran Rp4,3 miliar dari pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana Rp4,3 miliar untuk kelanjutan pembangunan KIHT tersebut," kata Plh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, M Zarkasi di Praya, Selasa.

Anggaran pembangunan KIHT itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023, sehingga program itu ditargetkan rampung di tahun ini. Sedangkan untuk proses tender proyek pembangunan KIHT di Kecamatan Batukliang itu telah tuntas dilakukan.

"Proses tender proyek itu telah selesai dilakukan dan ditargetkan tuntas di 2023," katanya.

Pembangunan KIHT tersebut diharapkan dapat mendukung program Industrialisasi tembakau khusus di Lombok Tengah. Program ini juga diharapkan bisa mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Program ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah menyatakan, luas lahan tanaman tembakau di daerah setempat pada musim kemarau 2023 ini mencapai 9.500 hektare.

"Rata-rata petani tembakau kita telah tanam, namun ada beberapa desa yang belum," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Zaenal Arifin.

Ia mengatakan, ribuan tanaman tembakau itu tersebar di 7 kecamatan yakni Kecamatan Kopang, Janapria, Praya Timur, Pujut, Praya Barat, Praya Tengah dan Praya.