Penataan kawasan Waduk Gajah Mungkur selesai Desember 2023

id kementerian pupr,penatan kawasan,waduk gajah mungkur,desember,tahun ini

Penataan kawasan Waduk Gajah Mungkur selesai Desember 2023

Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menargetkan penataan kawasan Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah rampung pada Desember 2023.

“Waduk Gajah Mungkur memiliki fungsi sebagai pengendali banjir sebanyak 4.000 m3/detik, mengairi irigasi sawah seluas 30 ribu hektar, penyediaan air baku 600 liter/detik dan sebagai penghasil tenaga listrik 12,4 MW,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Basuki mengatakan, Waduk Gajah Mungkur telah beroperasi sejak tahun 1982 dan membendung sungai terpanjang di Pulau Jawa, yaitu sungai Bengawan Solo. Penataan kawasan yang dilakukan Kementerian PUPR ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi pariwisata di Waduk Gajah Mungkur. Waduk Gajah Mungkur memiliki potensi bentang alam yang luar biasa dan dapat dikembangkan menjadi kota wisata (lake view eco-tourism town).

Dengan penataan kawasan yang dilakukan Kementerian PUPR diharapkan akan membawa dampak yang begitu besar bagi masyarakat Kabupaten Wonogiri. Seperti pemberdayaan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan menjadi kebanggaan daerah.

Skenario pengembangan Kawasan Waduk Gajah Mungkur terbagi menjadi tiga zona. Zona 1 seluas 10 hektare merupakan kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur, dan pusat rekreasi anak dan remaja.

Zona 2 seluas 75 hektare merupakan area perluasan kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur dan Lakefront Tourism. Sementara, Zona 3 seluas 162 hektare merupakan area pengembangan Bukit Joglo dan Watu Cenik Adventure and View.

Penataan kawasan Waduk Gajah Mungkur Zona 1 Tahap 1 dilaksanakan sejak September 2022 dan ditargetkan selesai pada Desember 2023. Saat ini progress fisiknya telah mencapai 47 persen, dengan jumlah anggaran yang dialokasikan bersumber dari APBN sebesar Rp22,8 miliar.

Baca juga: PLTS terapung muara sungai di Bali gunakan 50 persen produk lokal
Baca juga: Balikpapan ingatkan warga hemat air bersih


Adapun lingkup pekerjaannya meliputi persiapan, land development, pekerjaan sub zona teras pantai dan promenade, jalan utama, sub zona gerbang, sub zona plaza entrance, sub zona tematik garden, mekanikal dan elektrikal. Setelah konstruksinya rampung, Waduk Gajah Mungkur diresmikan pada Desember 2023 dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri.