Veteran NTB Apresiasi Program Bedah Rumah BUMN

id BEDAH RUMAH NTB

Veteran NTB Apresiasi Program Bedah Rumah BUMN

Direktur Keuangan ITDC, Jatmiko K Santosa (kanan) bersama Batiter Kodim 1620 Lombok Tengah, Zaenudin (kiri) berbincang dengan veteran perang kemerdekaan Indonesia Sowo (94) yang rumahnya direnovasi di Kampung Jawa, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (1

Kita melaksanakan program rutin seperti bedah rumah veteran sebanyak 50 rumah di NTB yang bertujuan untuk lebih mendekatkan BUMN di masyarakat
Mataram (Antara NTB) - Salah seorang anggota veteran di Nusa Tenggara Barat, Sowo (94), mengapresiasi program bedah rumah miliknya di Kampung Jawa, Praya, Lombok Tengah.

"Alhamdulillah, saya bersyukur karena rumah sudah direnovasi. Jadi saat hujan, atap tidak akan bocor lagi," kata veteran yang sudah memasuki usia hampir seabad saat ditemui di rumahnya, Praya, NTB, Senin.

Sebelum direnovasi, veteran kelahiran Jawa Tengah mengaku setiap hujan datang, atap-atap rumah sering bocor karena sudah tua dan lapuk. Oleh karena itu, bantuan renovasi rumah yang diberikan oleh PT Indonesian Tourism Develepmont Corporation (ITDC) dan Perusahaan Gas Negara (PGN) banyak membantu dirinya dan keluarga.

Ia menjelaskan, meski usianya hampir memasuki satu abad, Sowo yang pensiun pada tahun 1970 dengan pangkat terakhir Sersan Mayor (Serma) masih terlihat sehat, meski pendengarannya kini sudah mulai kurang berfungsi dengan baik.

Ia yang lahir pada 1922 sempat menceritakan pengalaman tentang dirinya bersama pasukan TNI melawan pemberontak di Makassar pimpinan Kahar Mudazakar. Bahkan, saat tengah bertugas kala itu, kaki kirinya pernah tertembak.

"Saya pertama kali bertugas di Jawa Barat zaman revolusi, kemudian pindah ke Makassar saat terjadi pemberontakan yang dipimpin Kahar Muzakar," ujarnya.

Sowo mengatakan usai bertugas di Makassar, dia sempat dipindahkan ke Ambon dan ke Mataram, NTB di Korem 162 Wira Bhakti sekitar tahun 1965 yang menjadi tempat tugas terakhir sebelum pensiun.

Sementara, Direktur Keuangan PT ITDC, Jatmiko Santoso mengungkapkan pihaknya tiap tahun rutin melaksanakan program bedah rumah veteran dan kegiatan sosial yang lain di masyarakat bersama BUMN lainnya.

"Kita melaksanakan program rutin seperti bedah rumah veteran sebanyak 50 rumah di NTB yang bertujuan untuk lebih mendekatkan BUMN di masyarakat," ujarnya, di sela-sela meninjau rumah Sowo.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka "BUMN untuk Negeri" sekaligus menyambut HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Ia menambahkan, kegiatan sosial lain yang dilaksanakan yaitu membangun PAUD Mutiara Hati di Karang Sukun, Mataram, binaan istri wali kota, menggelar pasar murah, membangun MCK dan menonton bersama.

Ia menyebutkan anggaran yang disiapkan untuk program bedah rumah dan kegiatan sosial lainnya berasal dari PT ITDC dan PGN.

"Total biaya kita bagi dua," ucapnya.

Karena itu, pihaknya berharap melalui program tersebut para veteran yang tinggal di NTB menjadi lebih terbantu. (*)