Layanan 110 menerima 10.104 aduan warga Sukabumi selama 2023

id Layanan 110 ,Polres Sukabumi Kota ,Kota Sukabumi ,Lapor Pak Polisi-SIAP MAS,Layanan Kepolisian

Layanan 110 menerima 10.104 aduan warga Sukabumi selama 2023

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo (kiri) bersama Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji (kanan) saat meninjau pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2023 di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (1/1/2024) ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota melalui Layanan 110 dan Lapor Pak Polisi-SIAP MAS telah menerima sekitar 10.104 kali telepon atau aduan/laporan dari masyarakat Sukabumi, Jawa Barat, yang memberikan informasi seputar keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah itu.

"Tingginya jumlah masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota ini menunjukkan tingkat kepercayaan warga terhadap Polri semakin meningkat," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo di Sukabumi, Senin.

Menurut Ari, peran serta masyarakat dalam membantu tugas Polri, khususnya selama 2023 cukup signifikan, yang dibuktikan dengan banyaknya aduan ataupun informasi terkait kamtibmas yang disampaikan melalui Layanan 110 ataupun Lapor Pak Polisi-SIAP MAS.

Dia menyebut aplikasi Layanan 110 telah menerima 9.904 kali telepon, sementara yang memanfaatkan layanan Lapor Pak Polisi-SIAP MAS sekitar 200 kali.

"Ini sebagai bukti bahwa masyarakat memang benar-benar peduli dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," ujarnya,

Meskipun demikian, kata dia, tahun 2024 pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dari pihak kepolisian.

"Layanan kepolisian tidak hanya sebatas terkait kriminalitas dan keamanan saja, tetapi berbagai bentuk layanan lainnya seperti penanggulangan bencana, kesehatan, ekonomi. bakti sosial dan lain sebagainya," ujarnya

Menurut dia, peran serta masyarakat sangat membantu personel Polri dalam menjalankan tugas, sehingga sinergitas ini akan terus dijaga dan diperkuat untuk bisa memberikan pelayanan yang prima..

Baca juga: BNPB: Pemerintah beri Dana Tunggu Hunian pemilik rumah rusak berat
Baca juga: Penanganan pascagempa di Sumedang berjalan efektif


Ari pun mengajak warga untuk terus bekerja sama dalam berbagai kegiatan, sehingga tidak ada jarak antara polisi dengan masyarakat.

"Tentunya setiap laporan ataupun aduan yang masuk akan direspon dan ditindaklanjuti dengan cepat," ujarnya.