KKP berikan bantuan 1,6 ton ikan beku kepada korban gempa bumi

id Ikan beku, sumedang, korban gempa, kkp, bantuan korban gempa, kementerian kelautan dan perikanan

KKP berikan bantuan 1,6 ton ikan beku kepada korban gempa bumi

KKP salurkan 1,6 ton ikan dan setengah ton beras kepada para korban gempa Sumedang, Jawa Barat. ANTARA/HO-KKP

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan 1,6 ton ikan beku dan setengah ton beras kepada para korban gempa bumi di Sumedang, Jawa Barat.
 
"Kami menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa bumi di Sumedang menjelang pergantian tahun kemarin," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta, Kamis.
 
Dijelaskannya, penyerahan bantuan 1,6 ton ikan layang dan setengah ton beras dilakukan di Posko Pemda di Alun-Alun Kabupaten Sumedang pada Rabu (3/1) malam oleh tim Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP dan diterima langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang.
 
 
"Mudah-mudahan bantuan 1,6 ton ikan layang dan beras bisa membantu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat yang terdampak gempa," ujarnya.
 
Sementara itu, Dirjen PDSPKP KKP Budi Sulistiyo menerangkan sampai saat ini pihaknya masih berada di lokasi untuk membantu pemda dan masyarakat yang masih mengungsi. Berdasarkan data BMKG, gempa mengguncang Sumedang pada Minggu (31/12). Gempa berpusat di darat sedalam 7 kilometer dengan magnitudo 4,1. Setelahnya masih terjadi gempa susulan yang dirasakan cukup kuat oleh masyarakat.

Baca juga: Pemkot Mataram mengkaji pembangunan kampung wisata ikan air tawar
Baca juga: Kala ikan semakin jauh, kisah perempuan pesisir Lombok hadapi krisis iklim
 
Guncangan gempa menyebabkan sejumlah warga mengalami luka-luka, bangunan rusak, serta masyarakat terdampak harus mengungsi di lokasi yang sudah disediakan pemerintah daerah.