Pemkab Bima siap dukung pendistribusian logistik Pemilu 2024

id Pemkab Bima ,Pemilu 2024,NTB,Distribusi logistik

Pemkab Bima siap dukung pendistribusian logistik Pemilu 2024

Bupati Kabupaten Bima, Provinsi NTB Hj Indah Dhamayanti Putri (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu serta aparat melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Rapat koordinasi bersama dengan Forkopimda dan lembaga penyelenggara Pemilu ini ditujukan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang," kata Bupati Kabupaten Bima Hj Indah Dhamayanti Putri saat memimpin rapat, Rabu.

Ia mengatakan sejumlah tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan baik oleh KPU maupun Bawaslu sudah dilaksanakan sesuai tahapan. Selain itu, masih ada beberapa tahapan hingga pada saat pencoblosan dan penghitungan.

"Tahapan pemilu 2024 ada yang telah dilaksanakan dan ada yang belum dilaksanakan, sehingga itu harus dipersiapkan dengan baik," katanya.

Pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait dan para Camat melaporkan progres kegiatan masing-masing unit kerja. Secara khusus Rakor tersebut membahas distribusi, pengamanan logistik, antisipasi pemungutan suara ulang (PSU), kesiapan perangkat pelaksana termasuk OPD terkait, sehingga mampu mewujudkan Pemilu yang sukses dan membanggakan.

"Pemerintah daerah berharap Pemilu akan berlangsung damai dan sukses serta mampu meningkatkan partisipasi masyarakat pada 1.588 TPS yang melibatkan 11.116 petugas TPS di Kabupaten Bima," katanya.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.