Rusia Tertarik Pariwisata NTB

id PARIWISATA NTB RUSIA

Kita akan garap dan dukung program pemerintah yang mendukung pariwisata dan termasuk sepuluh destinasi baru
Mataram (Antara NTB) - Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia, Lasro Simbolon mengakui pesona pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin dikenal dan diminati warga Rusia.

"Pesona pariwisata NTB yang kaya dan beragam semakin dikenal dan diminati di berbagai negara, termasuk dikalangan masyarakat Moskow, Rusia," kata Lasro Simbolon saat bertemu Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin di Mataram, Rabu.

Kata dia, bukti diminatinya pariwisata NTB terlihat dari suksesnya pelaksanaan Festival Indonesia (FI-2017) ke-II yang diselenggarakan di Moskow 4-6 Agustus 2017 yang dihadiri sekitar 91.600 pengunjung.

Berbeda halnya dengan FI pertama, FI kedua didahului dengan penyelenggaraan Forum Bisnis Kelapa Sawit dan Russia-Indonesia Business Forum masing-masing pada edisi 3-4 Agustus 2017 dilanjutkan dengan Business Matching selama penyelenggaraan festival.

Karena itu, dalam kunjungannya ke NTB, selain ingin menggali lebih dalam kekayaan alam, budaya dan pariwisata di daerah tersebut, pihaknya mengundang NTB untuk mengikuti Festival Indonesia ke-3 di Moskow pada 3-5 Agustus 2018.

Lasro menguraikan berdasarkan data yang dikeluarkan Federal Custom Service Rusia, total perdagangan antara Indonesia dan Rusia tahun 2016 mencapai 2,6 milyar dollar atau meningkat 33,4% dari tahun 2015. Indonesia pun mengalami surplus sebesar 1,8 milyar dollar.

"Sedangkan, jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia pada semester pertama 2017 meningkat sebesar 58% dari tahun sebelumnya," sebutnya.

Menurutnya, NTB memiliki kualitas kekuatan pariwisata yang luar biasa, tinggal di promosikan saja agar para turis Rusia akan melihat kesini. Sasaran utama pariwisata di Indonesia tentu masih dikuasai oleh pulau Bali, kemudian Lombok dan Yogyakarta.

"Kita akan garap dan dukung program pemerintah yang mendukung pariwisata dan termasuk sepuluh destinasi baru," terangnya.

Maka dari itu, guna meningkatkan promosi, baik promosi bidang perdagangan, pariwisata dan investasi, melalui penyelenggaraan FI ke-III ini, Lasro Simbolon mengundang para Kepala Daerah Tingkat Provinsi dan kabupaten/kota untuk memanfaatkan event tersebut.

Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin menyambut baik serta mendukung penuh undangan FI ke - 3 tersebut. Baginya kegiatan FI ini adalah tantangan bagi NTB untuk memperluas jaringan dan promosi pariwisata NTB di Rusia.

"Negara ini kuat karena daerah kuat, tetapi jika negara ini lemah maka daerah pasti lemah," tegas Wagub.

Amin mengatakan, NTB dengan berbagai keunggulan pariwisata yang didukung oleh potensi alam, kekhasan budaya serta kulinernya yang sudah diakui dunia, terlebih dengan keberhasilan meraih World Best Halal Tourism dan Best Halal Honeymoon Destination, akan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mulai dilirik oleh berbagai event pariwisata berskala Internasional seperti Festival Indonesia di Moskow 2018. (*)