Ini rangkaian perjalanan PLN dan SMKN 3 Mataram wujudkan penerapan EV di NTB

id PLN,UIP Nusra,Kendaraan Listrik,SMKN 3 Mataram

Ini rangkaian perjalanan PLN dan SMKN 3 Mataram wujudkan penerapan EV di NTB

Serah terima motor konversi gratis SMKN 3 Mataram. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Net-Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 mendatang. Berbagai program pembangunan sampai tanggung jawab sosial masyarakat (TJSL) dicanangkan dan dieksekusi selaras dengan visi tersebut dengan berpegang pada prinsip electrifying lifestyle.

Sektor transportasi turut menjadi fokus PT PLN (Persero) dalam pemanfaatan energi bersih untuk aktivitas sehari-hari, yakni melalui electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB).

Mengemban amanah tersebut, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) berkomitmen untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik di wilayah NTB.

Bersama SMKN 3 Mataram dan para stakeholder lainnya yang terlibat, PT PLN (Persero) UIP Nusra terus bersinergi dalam upaya melahirkan SDM yang kompeten dan siap untuk menyongsong era kendaraan listrik di masa mendatang.

Kolaborasi antara PT PLN (Persero) UIP Nusra dengan SMKN 3 Mataram telah terjalin sejak 2021. Di tahun awal kolaborai ini PT PLN (Persero) UIP Nusra memberikan pendampingan dan pembinaan molis kepada guru dan siswa di SMKN 3 Mataram.

Melalui pendampingan dan pembinaan ini, SMKN 3 Mataram sukses merakit sejumlah produk kendaraan listrik, salah satunya R-One Smekti, yang berhasil tampil di pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Tangerang Selatan.

Prestasi tersebut semakin memantik gairah dalam berkarya dan menciptakan sejumlah produk kendaraan listrik lainnya.

Setahun kemudian, SMKN 3 Mataram kembali berkarya dan melahirkan sejumlah kendaran listrik seperti motor konversi dan buggy car.

Melihat besarnya potensi program ini, memasuki tahun 2023, PT PLN (Persero) UIP Nusra bersama SMKN 3 Mataram menggelar pelatihan konversi yang diikuti oleh peserta didik dari berbagai SMK di Lombok, yakni SMKN Jonggat, Gunungsari, Labuapi, dan Selong. Pelatihan konversi ini meggandeng bengkel konversi berlisensi, PT Braja Elektrik Motor, sebagai pemateri, dan menghasilkan 2 unit motor konversi.

"Pelatihan konversi motor listrik yang termasuk dalam program TJSL ini merupakan perwujudan komitmen PLN dalam aspek Environmental, Social, & Governance (ESG) dengan harapan mampu menciptakan Creating Shared Value (CSV) dan Sustainable Development Goals (SDG's) yang bermanfaat dan mampu memberikan nilai tambah kepada perusahaan, masyarakat, dan lingkungan," kata General Manager PLN UIP Nusra, Abdul Nahwan.

Pada 18 Oktober 2023, PT PLN (Persero) UIP Nusra bersama SMKN 3 Mataram melangsungkan pertemuan dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait penyiapan bengkel konversi.

Bengkel ini akan mejadi pusat pelayanan bagi masyarakat NTB yang ingin memeroleh informasi terkait motor konversi dan hendak mengkonversi motor mereka dari motor konvensional ke motor listrik.

Pertimbangan dalam persiapan bengkel konversi SMKN 3 Mataram mengacu pada kinerja dan performa dari program ini yang telah menghasilkan 16 tenaga terampil dalam konversi dan melahirkan 20 produk kendaraan listrik, seperti motor konversi, dokar listrik, buggy car, dan R-One Smekti.

Memeroleh kepercayaan Kementerian ESDM, pada 5-15 Desember 2023, SMKN 3 Mataram ditunjuk untuk melaksanakan program konversi gratis yang melibatkan 6 guru dan 20 siswa SMK. Melalui program ini, SMKN 3 Mataram sukses mengkonversi 34 unit motor BBM. Produk konversi ini bahkan diproyeksikan menekan emisi karbon sebesar 13,58 ton/tahun.

"Program konversi ini juga dapat memberikan kompetensi bagi siswa sebagai teknisi yang dapat bekerja di industri sepeda motor listrik atau membuka bengkel konversi sendiri," ucap Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan, Sripeni Inten Cahyani.

Dari program konversi gratis ini sebanyak 34 motor BBM sudah berhasil dikonversi dan sudah mengaspal melalui kolaborasi dan sinergi SMKN 3 Mataram jurusan otomotif, listrik, dan las, dengan tim Bintang Racing Team (BRT) dan seluruh stakeholder yang terlibat.

Hingga 22 April 2024, bengkel konversi SMKN 3 Mataram telah mengantongi sertifikat sebagai bengkel resmi pemasangan, perawatan dan pemeriksaan peralatan instalasi sistem penggerak motor listrik pada sepeda motor dengan kategori tipe B dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Sampai saat ini, SMKN 3 Mataram telah melahirkan puluhan tenaga terampil dalam konversi kendaraan listrik bersertifikat nasional dan menciptakan berbagai produk kendaraan listrik.

Komitmen PT PLN (Persero) UIP Nusra dan SMKN 3 Mataram bersama para stakeholder lainnya secara langsung mendukung dan mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di NTB, mendukung pariwisata NTB dalam penyediaan kendaraan ramah lingkungan menuju NTB Hijau.

Selain itu, menyiapkan tenaga kerja di sektor kendaraan listrik di NTB, menjadi perintis bengkel konversi berstandar nasional pertama di NTB, dan meningkatkan minat calon siswa untuk masuk SMK khususnya untuk jurusan terkait konversi kendaraan listrik dan mendukung program pemerintah "SMK Bisa".