PKL Sangkareang Mataram dapat bantuan gerobak dari Baznas NTB

id bantuan gerobak,PKL Sangkareang,baznas NTB

PKL Sangkareang Mataram dapat bantuan gerobak dari Baznas NTB

Munah, satu pedagang kali lima di areal Taman Sangkareang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang mendapat bantuan gerobak dorong dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi NTB, Kamis (6/6-2024). ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Pedagang kaki lima (PKL) di areal Taman Sangkareang, Kota Mataram mendapat bantuan gerobak dorong dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Nusa Tengara Barat.

Bantuan gerobak dorong tersebut diserahkan secara simbolis kepada 10 PKL di halaman Kantor Baznas NTB, dihadiri oleh Asisten II Setda Kota Mataram Miftahurrahman dan Ketua Baznas Kota Mataram H Djaswad di Mataram, Kamis.

Ketua Baznas Kota Mataram H Djaswad di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan, pemberian bantuan gerobak dorong untuk PKL Sangkareang ini sebagai bagian pembinaan sekaligus meningkatkan standar pelayanan pedagang kepada konsumen.

"Dengan menggunakan gerobak seragam, PKL bisa terlihat lebih bersih dan tertata rapi," katanya.

Baca juga: Puluhan PKL Sangkareang Mataram dapat bantuan gerobak

Data dari Baznas NTB, selain mendapat bantuan gerobak para pedagang juga mendapatkan bantuan modal masing-masing Rp1,5 juta untuk melengkapi atau menambah alat atau bahan-bahan yang dibutuhkan. Dengan demikian, total bantuan yang diberikan per satu PKL sebesar Rp8 juta, karena untuk satu gerobak harganya Rp6,5 juta.

Total bantuan gerobak dorong yang akan disalurkan Baznas NTB sebanyak 300 unit, yang akan disebar ke 10 kabupaten/kota lainnya di NTB.

"Harapan kita, bantuan gerobak ini dapat memotivasi pedagang untuk lebih semangat berusaha guna meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan keluarga," katanya.

Sementara lanjut Djaswad, bantuan gerobak bagi PKL khusus dari Baznas Kota Mataram, setiap tahun juga diberikan kepada PKL yang sudah terdata sebanyak 10 unit.

"Untuk tahun ini, sudah kita serahkan 10 unit saat bulan Ramadhan 1445 Hijriah dan diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana," katanya.

Baca juga: Puluhan PKL Sangkareang dapat bantuan gerobak