Sebanyak 27 pelajar di Sumbawa Barat dapat beasiswa

id Amman ,Program beasiswa ,Bupati Sumbawa Barat ,NTB

Sebanyak 27 pelajar di Sumbawa Barat dapat beasiswa

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi NTB Musyafirin saat acara pelepasan peserta program beasiswa dari AMMAN tahun 2024, Selasa (16/07/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 27 pelajar di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapatkan beasiswa Program SMK Unggulan Amman Mineral Internasional (AMMAN) tahun pelajaran 2024.

Bupati Sumbawa Barat Dr Musyafirin melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Selasa mengatakan, terkait proses program beasiswa itu dirinya tidak mau mengintervensi karena kalau diintervensi menjadi tidak adil.

"27 anak Sumbawa Barat yang terpilih, memang itu kemampuan mereka sendiri," katanya menjelaskan.

Baca juga: Tingkatkan SDM, Sekda Sumbawa Barat motivasi siswa ikuti program beasiswa kedokteran

Ia mengatakan program ini adalah tahun ke empat PT AMNT (Amman Mineral Nusa Tenggara) telah memberikan contoh bagaimana harus menyiapkan bonus demografi agar bisa memberikan manfaat, bukan malah sebaliknya menjadi bencana yang menyebabkan pengangguran.

"Kepada anak-anakku sekalian saya sampaikan bahwa kesempatan ini tidak datang dua kali. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Ia mengatakan peserta dalam program ini tidak akan kekurangan apa pun, sehingga kepada orang tua tidak usah khawatir.

"Semakin kecil lepas anak, maka dia akan semakin mandiri," katanya.

Baca juga: AMMAN salurkan beasiswa bagi pelajar SMK di Sumbawa Barat

Sementara itu Manajer Comdev PT Amman Mineral Nusa Tenggara Dimas Purnama mengatakan seleksi dan rekrutmen peserta SMK beasiswa unggulan ini telah melalui proses cukup panjang.

"Bahwa anak didik yang dipilih benar-benar yang terbaik," katanya.

Ia mengatakan terdapat 5 SMK terbaik di Kudus Jawa Tengah dan Malang Jawa Timur dengan 8 jurusan pilihan. Jurusan tersebut yaitu Animasi 3D, Desain Komunikasi Visual, program perangkat lunak dan game, teknik industri, teknik pengelasan, tata busana, perhotelan dan juga tenaga kelistrikan.

"Delapan jurusan tersebut telah dipelajari, di analisa dan diskusikan dengan pihak sekolah ataupun dari perwakilan industri, di mana ilmu yang didapatkan nanti bisa menduduki industri yang memang trennya cukup positif," katanya.

Baca juga: Pemprov NTB akan berikan beasiswa kepada masyarat Sumbawa Barat

Ia mengatakan ada empat tahapan yang telah dilalui yaitu pemeriksaan administrasi dokumen, tes yang mencakup essay potensi akademi, wawancara panel dan penulisan karya tulis singkat.

"Program ini adalah angkatan ke empat yang dilaksanakan melalui program sosial Impact untuk menghasilkan peserta terbaik," katanya.