Pemilih pemula di Pilkada Lombok Tengah capai 87 ribu jiwa

id Pilkada Lombok Tengah ,Pilkada NTB,Pemilih pemula

Pemilih pemula di Pilkada Lombok Tengah capai 87 ribu jiwa

Ketua KPU Lombok Tengah, Provinsi NTB Hendri Herliawan (ANTARA/HO-Humas KPU Lombok Tengah)

Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat jumlah pemilih pemula pada Pilkada 2024 mencapai 87.572 pemilih yang tersebar di 1689 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 12 kecamatan.

"Jumlah pemilih potensial untuk Pilkada Lombok Tengah mencapai 87.572 pemilih," kata Ketua KPU Lombok Tengah Hendri Herliawan di Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan hasil proses pencocokan dan penelitian (Coklit), jumlah data pemilih sementara (DPS) Pilkada Lombok Tengah itu mencapai 778.331 pemilih yang tersebar di 154 desa dan kelurahan.

"Data pemilih sementara ini telah diumumkan untuk mendapatkan tanggapan masyarakat," katanya.

Baca juga: KPU Lombok Tengah terima pendaftaran dua bakal pasangan cakada

Oleh karena itu, pihak mengimbau kepada masyarakat yang masuk belum masuk dalam daftar pemilih sementara pada Pilkada 2024 ini untuk segera melapor kepada petugas yang ada di desa atau di kabupaten.

"Jika ada yang belum masuk dalam daftar pemilih, warga bisa melapor ke petugas PPS di desa masing-masing," katanya.

Pada Pilkada Lombok Tengah telah menerima pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah di antaranya pasangan calon petahana Lalu Pathul-Nursiah diusung Partai Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem dan Demokrat serta PSI.

Pasangan calon Ahmad -Legewarman diusung PKS, PBB, PAN dan Hanura. Kemudian Ruslan Turmuzi- Lalu Normal Suzana diusung PPP, PDI Perjuangan dan Perindo.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB Muhammad Khuwailid di mengatakan setelah berakhirnya tahapan pendaftaran calon kepala daerah, terdapat tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang secara resmi mendaftar.

"Berarti di NTB ada tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti tahapan selanjutnya pada Pilkada NTB 2024," ujarnya.

Baca juga: Tes kesehatan paslon Pilkada Lombok Tengah 2024 dilakukan di RSUP NTB

Tiga bakal pasangan calon itu adalah Zulkieflimansyah dan H.M. Suhaili F.T atau Zul-Uhel yang mendaftar pada hari kedua Rabu, 28 Agustus 2024. Pasangan ini diusung tiga gabungan partai politik, yaitu PKS, Demokrat dan Nasdem dengan jumlah suara sah sebanyak 823.606 suara.

Selanjutnya pasangan Siti Rohmi Djalilah dan Musyafirin yang juga mendaftar pada hari kedua dan diusung empat partai politik, yaitu PKB, PDI Perjuangan, Partai Perindo, dan Partai Ummat, dengan jumlah suara sah sebanyak 602.321 suara.

Kemudian pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri yang mendaftar pada hari ketiga Kamis, 29 Agustus 2024, dan diusung sembilan partai politik, yakni PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI, dengan jumlah suara sah sebanyak 1.637.928 suara.

"Jadi, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang didaftarkan gabungan partai politik di NTB berjumlah tiga pasang dengan total suara sah 99,26 persen," katanya.

Baca juga: Polisi skenariokan potensi gangguan keamanan Pilkada Lombok Tengah