Plecing Sayur Kangkung Khas Lombok

id plecing Lombok,sayur kangkung

Ayam bakar taliwang kuliner khas NTB. (Foto ANTARA NTB/Awaludin) (1)

Mataram (Antaranews NTB) - Saat pertama kali memandangnya, sayur kangkung dengan sambal di atasnya membuat penasaran ingin segera mencicipinya.
    
Sayur kangkung ini berbeda dengan yang umumnya khususnya di Pulau Jawa, yakni, kangkung air yang berbatang lebih besar. Jika sudah menjadi sajian, sayur kangkung ini dikenal dengan nama Plecing.
    
Plecing merupakan salah satu makanan populer atau wajib di Lombok, seperti saat memakan ayam taliwang maka plecing menjadi makanan wajib untuk menemaninya.
    
Bahkan plecing tidak jarang dijadikan kudapan. Proses memasak plecing ini tidak terlalulah sulit, sebelummya sayur kangkung itu harus direbus terlebih dahulu sampai matang.
    
Setelah itu siapkan bumbunya yang berbahan baku cabai rawit, terasi yang sudah dibakar, tomat dan garam serta jeruk nipis untuk menambah rasa asam.
    
Bahan baku itu kemudian diolah menjadi bumbu. Setelah selesai kemudian dituangkan di atas sayur kangkung yang sudah direbus tadi. Dan sejian plecing sudah tersedia.
    
Terkadang juga di samping sayur kangkung ada juga tauge dan kacang dicampur plecing. Sila untuk mencoba dan mencicipi sayur kangkung khas Lombok ini.  
     
         
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar