MENHAN CHINA AKAN KUNJUNGI KORUT

id

Beijing (ANTARA/AFP) - Menteri Pertahanan China, Liang Guanglie, akan segera berkunjung ke Korea Utara, kata media milik negara Jumat, di tengah upaya-upaya mendorong Pyongyang kembali ke perundingan perlucutan senjata nuklir enam negara.

Kunjungan Liang, yang akan diteruskan ke Jepang dan Thailand, dimulai hari Minggu in dan berakhir sampai 5 Desember, kata laporan China News Service.

Berita tidak menyebutkan alasan kunjungan, namun menyebut kunjungan itu sebagai tindak lanjut dari kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke China pada pekan ini.

Presiden Obama dan Presiden China Hu Jintao ketika itu menyerukan segera dilanjutkannya perundingan enam negara, yang membahas program nuklir Korea Utara.

Forum enam negara terdiri AS, Rusia, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan dan China sebagai tuan rumah.

Obama mengatakan di Seoul, Jumat, bahwa duta AS mengenai masalah nuklir, Stephen Bosworth, juga akan berkunjung ke Pyongyang bulan depan, untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan tujuan memulai kembali perundingan perlucutan senjata yang lama macet.

Korea Utara keluar dari forum perundingan pada April lalu, sebulan sebelum Pyongyang melakukan uji coba senjata atomnya yang kedua.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il mengatakan bulan lalu, bahwa negaranya bersedia kembali ke perundingan, namun hanya jika pembicaraan-pembicaraan bilateral dengan AS hasilnya memuaskan. (*)