SURAT SUARA PIALA OSCAR DIKIRIMKAN LEWAT EMAIL

id

Los Angeles (ANTARA) - Surat suara bagi perhelatan Piala Oscar yang akan digelar pada 22 Pebruari mendatang, telah dikirimkan lewat email kepada para pemilih yang akan memutuskan para pemenang penghargaan paling didambakan kalangan perfilman dunia itu, para pejabat menyatakan.

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengirimkan kertas suara kepada 5.810 pria dan wanita dari kalangan industri perfilman yang bertugas memilih favorit mereka pada 2008.

Surat suara ini harus dikembalikan kepaa perusahaan akuntansi Pricewaterhouse Coopers pada pukul 5 waktu lokal pada 17 Pebruari, atau lima hari menjelang acara penyerahan Oscar yang bertabur bintang di Kodak Theater, Hollywood.

Seluruhnya daa 19 kategori pernghargaan yang akan diserahkan kepada para pemenang.

Untuk lima kategori, yakni film dokumenter, film dokumenter pendek, film berbahasa asing, film animasi pendek dan film laga pendek, surat suara baru akan dibagikan setelah dilakukan verifikasi kehadiran para anggota pada penayangan film-film tersebut.

Setelah surat suara dihitung, nama para pemenang dimasukkan ke dalam amplop yang disegel dan baru dibuka pada malam acara puncak.

Penyerahan Piala Oscar tahun ini menjadi ajang persaingan sengit antara film percintaan "The Curious Case of Benjamin Buttton", yang menyabet 13 nominasi, dan film drama "Slumdog Millionaire" dengan 10 nominasi, demikian laporan AFP. (*)