Mataram (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menyiapkan ribuan siswa untuk menyemarakkan parade pembalap MotoGP Mandalika yang berlangsung pada 25 September 2024.

"Para siswa yang kami libatkan menyemarakkan parade MotoGP itu adalah siswa yang sekolahnya berada pada rute parade," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram Yusuf Zain di Mataram, Selasa.

Yusuf yang ditemui seusai mengikuti rapat persiapan kegiatan parade MotoGP 2024 mengatakan rute yang akan dilalui peserta parade adalah Jalan Pejanggik dan Jalan Udayana.

Dengan demikian, lanjutnya, beberapa sekolah yang ada di kawasan itu meliputi SDN 1, SDN 13, dan SDN 7 Mataram, sedangkan tingkat SMP meliputi SMPN 1, SMPN 2, SMPN 15, dan SMPN 6 Mataram, serta tingkat SMA terdiri atas SMKN 9 dan SMAN 5 Mataram.

"Jika ditotal, jumlah siswa yang akan ikut serta menyemarakkan parade MotoGP mencapai lebih dari 5.000 anak," katanya.

Baca juga: Parade pembalap MotoGP Mandalika 2024 dihadiri Marc Marquez

Namun demikian, Yusuf menjamin kegiatan menyemarakkan parade MotoGP tidak mengganggu jam pelajaran siswa sebab kegiatan dilaksanakan pada pukul 16.00 Wita. "Pada jam tersebut anak-anak sudah masuk jam pulang sekolah," katanya.

Untuk lebih menyemarakkan parade MotoGP, lanjut dia, para siswa yang akan ikut menyemarakkan akan di bagikan bendera dan balon tepuk yang sudah disiapkan panitia sebanyak 7.000.

"Ini bagian upaya pemerintah kota (pemkot) menyambut perhelatan internasional dan memberikan kesan positif bagi para tamu, sekaligus sebagai ajang promosi daerah," katanya.

Sebelumnya Asisten I Setda Kota Mataram H Lalu Martawang mengajak masyarakat agar dapat menjaga keamanan, kenyamanan, dan situasi kondusif di wilayah masing-masing.

Baca juga: Warga Mataram diajak sukseskan parade pembalap MotoGP

Dengan demikian berbagai kegiatan MotoGP Mandalika bisa berjalan aman, lancar, serta sukses, sehingga tiga target sukses Pemkot Mataram yakni sukses penyelenggaraan, sukses pencitraan, dan sukses ekonomi, bisa tercapai.

"Mari kita meriahkan dan buktikan kita adalah tuan rumah terbaik yang bisa menyapa tamu-tamu," katanya.

Martawang menambahkan dalam kegiatan parade pembalap MotoGP Mandalika 2024 akan hadir 11 bintang MotoGP, salah satunya Marc Marquez serta satu pembalap Indonesia di Honda Team Asia Moto2 yakni Mario Aji.

 

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024