Gubernur NTB mengharapkan media arus utama visioner

id NTB,Gubernur NTB,Zulkieflimansyah,Media Harus Visioner

Gubernur NTB mengharapkan media arus utama visioner

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah saat menerima silaturahim manajemen iNews TV di ruang kerjanya, Kamis (24/9). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah mengatakan sebagai agen kehumasan, media arus utama di daerah itu diharapkan tetap edukatif dan informatif serta harus visioner.

"Khususnya, di era digital dan media sosial, media arus utama ditantang dapat menganalisis kebutuhan masyarakat NTB dalam pembangunan dalam hal promosi daerah. Konkretnya, apa yang bisa diberikan oleh media dalam pembangunan sebagai agen 'public relation' sehingga dapat memberikan imbal balik yang baik bagi masyarakat," kata H Zulkieflimansyah saat menerima silaturahim manajemen iNews TV di ruang kerjanya di Mataram, Kamis.

Gubernur NTB menegaskan media harus memiliki gambaran tentang NTB dalam dua sampai tiga tahun ke depan.

Identifikasi tentang kebutuhan masyarakat NTB harus dikomunikasikan dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, semisal investasi.

Hal ini mendorong tersedianya informasi tentang NTB bagi dunia luar untuk bekerjasama. Begitu pula dengan pariwisata, seperti promosi Rinjani Geopark, Tiga Gili dan kawasan Mandalika yang pada tahun depan segera menggelar MotoGP.

Ia mencontohkan Kompas yang selama ini berhasil membranding Tambora Geopark dalam program bertajuk Tambora Challenge dengan konsep extreme sport tingkat dunia.

Di sisi lain, kata Gubernur NTB era sosmed dan media digital yang dapat menyebarluaskan informasi langsung kepada dunia baik oleh individu seperti kepala daerah maupun institusi membuat konsep kerjasama harus dapat memberikan feedback yang lebih besar jika dikelola oleh media mainstream.

"Era smartphone dan algoritma digital membuat informasi sangat terbuka. Saya berharap kerjasama kehumasan dengan media mainstream juga harus dapat memberikan prediksi tentang perkembangan NTB di masa depan," jelas Gubernur NTB.

Sementara itu, Djaka Susila, Pimpinan Redaksi SindoNews mengatakan selama ini televisi sudah terintegrasi dengan baik.

"Sekarang sudah saatnya, portalnya diintegrasikan bersama pemerintah, kewajiban bagi kami untuk mengenalkan kepada masyarakat NTB. NTB memiliki potensi yang luar biasa," kata Jaka.

Ia mengatakan kerja sama dengan media sangat dibutuhkan agar semua potensi yang dimiliki NTB mampu dioptimalkan, terlebih NTB memiliki daya tarik dan potensi yang luar biasa di banyak aspek, salah satunya ajang MotoGP yang akan dihelat pada 2021.

Jaka menjelaskan nantinya iNews tidak hanya akan membuat portal khusus NTB, tetapi juga akan mengeksplorasi beberapa area spot adventure, sebab NTB memiliki keindahan gunung dan pantai yang menawan.