PURA LINGSAR SEGERA JADI DESTINASI PARIWISATA BARU

id

     Lombok Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, akan merenovasi Pura Lingsar di Kecamatan Lingsar sehingga dapat menjadi destinasi wisata baru pada 2011.

     Bupati Lombok Barat H Zaini Arony mengatakan hal itu usai mengukuhkan pengurus Sanggar Seni Tunjung Lingsari di Kantor Camat Lingsar, Kamis.

     Menurut dia, dengan merenovasi Pura Lingsar sebagai pusat perayaan Puja Wali dan Perang Topat yang sudah masuk dalam kalender pariwisata, pura itu diharapkan  mampu menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun asing.

     "Selain itu, Lombok Barat akan memiliki berbagai tujuan wisata yang dapat diandalkan sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi serta pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.

     Ia mengatakan, salah satu potensi wisata di Lombok Barat adalah Pura Lingsar di Kecamatan Lingsar yang akan dikemas untuk dijadikan objek wisata nasional bahkan internasional.

     "Karena itu, pengelolaannya harus menggunakan teknologi karena tidak bisa hanya mengandalkan keindahan alam tanpa ada sentuhan teknologi," katanya.

      Ia mengatakan, dalam upaya pengembangan teknologi jasa wisata, Lombok Barat memang harus banyak mencontoh Bali. "Tanpa sentuhan teknologi, potensi pariwisata di daerah ini tidak akan mampu tergarap dengan optimal," katanya.

     Sementara pada 2010, Pemkab Lombok Barat memfokuskan penataan pariwisata di kawasan Senggigi dan Narmada, terutama penataan lampu agar pada malam hari dua objek wisata andalan itu tetap dapat dikunjungi. (*)