Pemerintah Kota Denpasar segera tertibkan iklan rokok toko modern

id iklan rokok denpasar,penertiban iklan rokok,kota layak anak

Pemerintah Kota Denpasar segera tertibkan iklan rokok toko modern

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa menyerahkan piala kepada pemenang lomba pada acara peringatan Hari Anak Nasional di Denpasar, Selasa (23/8/2022). (ANTARA/HO-Pemkot Denpasar)

Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Provinsi Bali, segera menertibkan iklan rokok di toko-toko modern sesuai dengan rekomendasi dari Forum Anak Denpasar. Pada acara peringatan Hari Anak Nasional di Kota Denpasar, Selasa, Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan bahwa rekomendasi Forum Anak Kota Denpasar mencakup pengurangan iklan rokok di Kota Denpasar.

Dia mengatakan bahwa satu tolok ukur Kota Layak Anak adalah bebas dari iklan rokok, oleh karena itu pemerintah kota akan menindaklanjuti rekomendasi forum anak untuk menertibkan iklan rokok. "Kami akan segera susul dengan aturannya sehingga ada panduan dan pedoman dalam pelaksanaannya di lapangan. Berbagai upaya dan langkah kami lakukan sehingga nantinya Denpasar benar-benar sebagai Kota Layak Anak," katanya.

Menurut dia, papan iklan dan reklame rokok di ruang terbuka sudah hampir tidak ada di Kota Denpasar, tetapi iklan rokok masih banyak ditemukan di toko modern atau toko ritel. Selain menertibkan iklan rokok, ia mengatakan, pemerintah kota menyediakan ruang kreativitas bagi anak dan kaum muda dengan menghadirkan Dharmanegara Alaya Creative Hub .

"Bapak Wali Kota Denpasar sudah menugaskan membuka ruang kembali kepada anak muda dan anak untuk berkreativitas. Dalam waktu dekat ada salah satu pertokoan di Kawasan Suci yang dikelola Perumda Pasar akan diubah menjadi ruang kreatif hub untuk anak muda," katanya.

Baca juga: Sebanyak 32.348 rokok ilegal disita Satpol PP Lombok Tengah
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah membentuk satgas pemberantasan rokok ilegal


Sementara itu, Ketua Festival Anak Denpasar 2022 I Ketut Galang Pranu Bagaswara mengatakan bahwa peringatan Hari Anak Nasional di Denpasar tahun ini mengusung tema Berkreasi di Desa Mentari. "Kami berharap anak di Denpasar bisa berkreativitas, berinovasi, berkompetisi dengan aura positif dan cerah secerah cahaya mentari," katanya.

Peringatan Hari Anak Nasional meliputi berbagai lomba termasuk lomba mewarnai untuk anak usia taman kanak-kanak, lomba mesatua Bali untuk pelajar sekolah dasar, lomba nyurat aksara, hingga lomba podcast untuk umum. Selain itu, Pemerintah Kota Denpasar dan Forum Anak Kota Denpasar menggelar Festival Anak Denpasar sejak 23 Juli 2022.