SMA LOBAR JUARAI CERDAS CERMAT UUD 1945

id

          Mataram, 23/4 (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gerung, Lombok Barat (Lobar), berhasil menjuarai lomba cerdas cermat Undang-Undang Dasar 1945 dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (Tap MPR) se - Nusa Tenggara Barat (NTB) setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya pada final, di Mataram, Kamis.

        Dengan keberhasilan itu maka SMA Negri 1 Gerung berhak mewakili Provinsi NTB pada lomba cerdas cermat Undang-Undang Dasar 1945 dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (Tap MPR) di Jakarta pada hari Konstitusi 18 Agustus 2009. 
    Pada babak final yang digelar di Gedung Graha Bhakti Praja, Kantor Gubernur NTB, SMAN 1 Gerung berhasil mengalahkan dua SMA yang masuk babak final lainnya yaitu SMA Negeri 1 Tanjung, Kabupaten Lombok Utara dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).   
    Hasil akhir pada babak final itu, SMA Negeri 1 mengumpulkan nilai 130, SMA Negeri 1 Tanjung megumpulkan nilai 85 dan SMK Kesehatan KSB mengumpulkan nilai 50.

         Dewan juri yang memberikan penilaian pada final lomba cerdas cermat itu sebanyak tiga orang yang kesemuanya berasal dari anggota MPR.

         Heri Hidayat, salah satu dari 10 siswa dari SMAN 1 Gerung mengaku bangga dengan prestasi yang diraih karena pada lomba cerdas cermat tahun-tahun sebelumnya tidak pernah masuk babak final.

         "Kemenangan ini menjadi kado istimewa bagi dunia pendidikan Kabupaten Lombok Barat yang baru saja dijabat oleh kepala daerah (bupati) yang baru, terlebih lagi bupati yang baru ini dari kalangan pendidik," ujarnya.

         Pasangan Dr H Zaini Arrony MPd dan H Mahrip (Zam-Zam), Kamis, dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lobar, NTB, periode 2009-2013 setelah pasangan itu memenangkan pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu.

         Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, H Ma'shum ketika menutup kegiatan tersebut, mengatakan, kegiatan cerdas cermat ini sangat kreatif untuk mensosisalisasikan perubahan UUD 1945 dan Tap MPR.

         "Siswa tak sekedar lomba, tapi mereka juga bisa belajar dan menghayati serta mengamalkan langsung UUD 1945 dan Tap MPR," ujarnya.

         Ia mengingatkan kepada SMA Negeri 1 Gerung agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi persaingan yang lebih berat dan mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat di NTB agar memberikan doa semoga para siswa mampu memberikan yang terbaik bagi NTB.

          Kegiatan lomba cerdas cermat UUD 1945 dan Tap MPR itu digelar mulai 21-23 April 2009 dengan jumlah peserta sebanyak 18 SMA se-NTB.(*)