Lombok Tengah membentuk satuan tugas penanganan bencana

id mitigasi lombok tengah,bencana lombok tengah,penanganan bencana

Lombok Tengah membentuk satuan tugas penanganan bencana

Suasana rapat evaluasi penanganan dampak bencana alam di Kantor BPBD Lombok Tengah di Praya, Senin (26/12/2022). (ANTARA/Akhyar)

Praya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat membentuk satuan tugas penanganan bencana dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam akibat kondisi cuaca ekstrem.

"Satgas ini kolaborasi dari OPD (organisasi perangkat daerah) terkait dalam hal melakukan penanganan dampak bencana alam," kata Wakil Bupati Lombok Tengah HM Nursiah seusai rapat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah di Praya, Senin.

Menurut dia, satuan tugas akan mengkoordinasi organisasi-organisasi perangkat daerah dalam melakukan upaya mitigasi maupun penanggulangan bencana.

"Untuk mencapai kinerja yang baik dalam penanganan bencana ini, kita perlu perbaiki manajemen koordinasi, sehingga kinerja antar instansi bisa terpadu dan lebih rapi," katanya.

Kondisi cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir menimbulkan bencana alam di bagian wilayah Kabupaten Lombok Tengah, termasuk banjir di Desa Mertak, Kidang, Bilelando, Kuta, dan Sukadana.

Selain itu, kondisi cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang serta mengakibatkan kerusakan jambatan dan jalan desa.

Wakil Bupati mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam akibat kondisi cuaca ekstrem.

"Tetap waspada saat terjadi hujan yang dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang," katanya.