Lapas Perempuan Mataram menggelar donor darah

id Lapas Perempuan Mataram ,Donor darah

Lapas Perempuan Mataram menggelar donor darah

Pejabat Lapas Perempuan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat usai kegiatan donor darah, Senin (13/3/2023). ANTARA/HO-Humas Lapas Mataram

Mataram (ANTARA) - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Mataram, Kanwil Kemenkumham NTB melaksanakan kegiatan donor darah dalam rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 dan membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Kepala Lapas Kelas III Mataram, Dewi Andriani di Mataram, Senin mengatakan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB bekerja sama dengan PMI Kota Mataram.

"Kita berharap darah yang dikumpulkan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Ia mengatakan, pendonor darah dalam kegiatan ini harus melalui beberapa proses pemeriksaan sebelum dinyatakan bisa mendonorkan darahnya. Diantaranya seperti, pemeriksaan tensi tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan mengisi formulir donor darah terlebih dahulu.

"Pendonor tetap melakukan pemeriksaan. Sekitar 30 kantong darah yang dikumpulkan itu tetap sesuai dengan SOP," katanya.

Kegiatan donor darah ini tidak hanya diikuti masyarakat umum, namun pegawai lapas yang lolos pemeriksaan standar, juga ikut mendonorkan darah pada kesempatan ini.

Kegiatan ini juga rutin dilaksanakan setiap ada agenda dari Kementerian Hukum dan HAM, sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Bukan hanya untuk kegiatan kemanusiaan, kegiatan donor ini juga memberikan manfaat bagi pendonor. Salah satunya meningkatkan produksi sel darah, memperlancar peredaran darah, terjaga kesehatan jantung, hingga mencegah penyakit stroke," katanya.

Setetes darah sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang dan menyumbangkan darah berarti telah menyelamatkan jiwa orang yang membutuhkan.

"Melalui aksi sosial donor darah yang digelar ini adalah salah satu cara kami berbuat untuk masyarakat. Semoga nantinya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah," katanya. (*)