Pemkot Pariaman telah kuliahkan ratusan warganya

id Pemkot Pariaman, telah kuliahkan, ratusan warganya, melalui Saga Saja

Pemkot Pariaman telah kuliahkan ratusan warganya

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar berfoto dengan 21 peserta Saga Saja sebelum berangkat ke tiga perguruan tinggi yang telah menerima puluhan peserta program tersebut. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) telah menguliahkan 322 warganya dari keluarga miskin di daerah itu melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) guna meningkatkan pendidikan dan ekonomi warga setempat.

“Dari 322 orang itu bahkan sudah ada yang bekerja dan sudah bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarganya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu (9/8).

Sedangkan peserta Saga Saja yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan Pemkot Pariaman juga sudah memperlihatkan keseriusan dalam belajar yang dibuktikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif rata-rata 3,8.

Ia mengatakan dengan pemuda tersebut mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak maka mereka dapat meningkatkan perekonomian keluarga sehingga keluarganya keluar dari kategori ekonomi miskin.

"Anak-anak tersebut kita kuliahkan di perguruan tinggi terbaik di Indonesia, nantinya mereka memiliki keahlian dan ijazah yang bisa dipakai untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak sehingga bisa membawa keluarganya keluar dari kemiskinan," katanya.

Menurutnya dengan banyak warga Pariaman memiliki pendidikan tinggi maka pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi akan semakin mudah dan lancar. “Ketika banyak masyarakat Kota Pariaman terdidik maka akan memudahkan kita membangun kota ini dan menyusun perencanaan daerah," ujarnya.

Ia menyampaikan salah satu program unggulan Pemkot Pariaman di bidang pendidikan tersebut telah diluncurkan semenjak 2018. Untuk menyukseskan program tersebut Pemkot Pariaman telah banyak menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah menggandeng Unram kuliahkan anak yatim
Baca juga: Pelindo Lembar kuliahkan putra Asal NTB berprestasi


Adapun perguruan tinggi tersebut yaitu diantaranya Universitas Indonesia (UI), Telkom University, Universitas Gadjah Mada (UGM) Politeknik Negeri Padang, Batam Tourism Polytechnic, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Politeknik ATI Padang, hingga Politeknik Pelayaran Sumbar.

Genius mengungkapkan untuk membiayai pemuda tersebut kuliah di perguruan tinggi Pemkot Pariaman bekerja sama dengan Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Pariaman dan juga dana CSR dari Bank Nagari Cabang Pariaman. Pada Selasa (8/8) Pemkot Pariaman telah melepas keberangkatan 21 peserta Saga Saja ke tiga perguruan tinggi di Indonesia yaitu mahasiswa UI, UGM, dan Telkom University.