Jayapura gelar turnamen sepak bola U-21

id Dispora Kota Jayapura, Papua, Wali Kota Cup U21, Hari Sumpah Pemuda

Jayapura gelar turnamen sepak bola U-21

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Jayapura (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura, Papua, akan menggelar turnamen sepak bola bertajuk Wali Kota Cup U-21 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 pada 28 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya telah mengundang sebanyak 20 tim yang sebelumnya berada di bawah naungan Persipura Jayapura baik di divisi utama maupun divisi satu.

"Rencananya pertandingan akan dimulai pada 6 Oktober 2023 di Lapangan Sepak Bola Tunas Hamadi, Distrik Jayapura Selatan," katanya.

Menurut Bebena, tanggal 2 Oktober merupakan batas akhir pendaftaran kemudian dilanjutkan dengan technical meeting pada 4 Oktober. Melalui turnamen tersebut diharapkan kreasi dan bakat sepak bola pada anak-anak muda di Kota Jayapura semakin terbentuk, sekaligus menambah pengalaman agar nantinya bisa dilirik oleh klub-klub di Papua ataupun di luar Papua.

"Untuk itu kami meminta agar nantinya setiap tim yang bertanding agar menjunjung tinggi sportifitas seperti mengikuti turnamen sampai selesai," ujarnya.

Ia mengatakan penyelenggaraan turnamen sepak bola U-21 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tidak dipungut biaya alias gratis, tetapi masing-masing tim telah membuat kesepakatan dengan jaminan Rp1 juta sebagai tanda bertanggung jawab dan sportif dalam pertandingan. "Dengan catatan kami akan mengembalikan uang tersebut jika semua tim bisa menyelesaikan semua pertandingan," ujarnya.

Ia menambahkan, selain menyelenggarakan kompetisi olahraga, Dispora Kota Jayapura juga akan menggelar aksi penanaman bibit pohon bersama organisasi kepemudaan yang menerima dana hibah dari Pemerintah Kota Jayapura.

Baca juga: Papua berikan penghargaan bagi atlet Peparpenas 2023
Baca juga: Sorong perkuat kader posyandu tangani stunting


"Ini juga dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 dan juga sebagai bentuk kepedulian kami dalam menjaga kelestarian alam," pungkas Bebena.