Hanya ada di Lombok Tengah, Puluhan narapidana nyoblos bersama warga di TPS umum

id Pemilu 2024,Lapas Terbuka Lombok Tengah,narapidana,lapas,nyoblos,warga,TPS umum,narapida nyoblos di TPS umum

Hanya ada di Lombok Tengah, Puluhan narapidana nyoblos bersama warga di TPS umum

Kotak suara Pemilu 2024 di salah satu TPS di Lombok Tengah, Provinsi NTB (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Jumlah warga binaan yang melakukan pencoblosan sebanyak 28 orang

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Puluhan warga binaan atau narapidana di Lapas Terbuka Kelas IIB Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) umum atau bersama warga di Dusun Tojong-Ojong, Desa Selebung, Kecamatan Batukliang.

"Jumlah warga binaan yang melakukan pencoblosan sebanyak 28 orang," kata Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Lombok Tengah Anak Agung Gde Ngurah Putra di Praya, Rabu.

Ia mengatakan warga binaan bakal melakukan pencoblosan di atas jam 12.00 WITA, karena mereka termasuk pemilih tambahan. Warga binaan juga sudah diberikan sosialisasi langsung mengenai teknis pencoblosan hingga pengenalan lima kartu suara untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten.

"Mereka masuk dalam DPT tambahan," katanya.

Baca juga: Kemenkumham NTB cek persiapan Lapas Lombok Barat gelar pencoblosan Pemilu 2024
Baca juga: KPU sosialisasikan tata cara pemungutan suara Pemilu 2024 di Lapas Lombok Barat

Ia mengatakan sebanyak 24 orang akan mencoblos di tiga TPS yang ditunjuk KPU yaitu 6 orang TPS 023 Aik Dareq, 5 orang di TPS 017 Selebung dan 13 orang TPS 015 Selebung.

Sementara 4 orang tidak dapat diterbitkan A5, karena sudah terbit daftar pemilihannya di alamat asal dengan rincian alamat yakni Lombok Utara, Kota Mataram, Kuta Lombok Tengah dan Pulau Sumbawa

"Solusi nya kami akan lakukan koordinasi dengan ketua KPPS sekitar Lapas agar dapat memilih menggunakan kartu pemilih yang sudah tercetak di alamat asal atau menggunakan KTP," katanya.

Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara, karena warga binaannya bisa menyalurkan hak suara untuk ikut dalam pencoblosan dan berlangsung dengan aman.

"Karena kita gabung dengan masyarakat kuncinya adalah keamanan biar warga binaan kembalinya aman dan mencoblos aman," katanya.

Sebelumnya , Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah, Hendri Harliawan mengatakan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lombok Tengah mencapai 3316 TPS yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 375.070 pemilih laki-laki dan 397.336 pemilih perempuan.

"Sehingga total DPT Lombok Tengah mencapai 772.406 pemilih," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan jumlah DPT tersebut, jumlah surat suara yang dicetak itu mencapai 772.406 ditambah 2 persen berbasis TPS dengan jumlah surat suara tambahan sebanyak 16.958 surat suara, sehingga total surat suara yang dicetak mencapai 789.364 surat suara untuk masing-masing jenis pemilihan yakni DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024.

"Jadi total surat suara yang dicetak untuk lima jenis surat suara tersebut mencapai 3.946.820 surat suara baik itu untuk caleg DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, presiden dan wakil presiden," katanya.


Baca juga: 1.178 warga binaan Lapas Lombok Barat masuk DPT Pemilu 2024