Kemenkumham NTB cek persiapan Lapas Lombok Barat gelar pencoblosan Pemilu 2024

id persiapan pencoblosan lapas lombok barat,Kemenkumham NTB ,lapas lombok,pencoblosan,pemilu 2024

Kemenkumham NTB cek persiapan Lapas Lombok Barat gelar pencoblosan Pemilu 2024

Kadivpas Kantor Wilayah Kemenkumham NTB Herman Sawiran (kiri) didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Lombok Barat M Fadli (kanan) mengecek persiapan pelaksanaan pencoblosan pemilu 2024 di Lapas Kelas IIA Lombok Barat, di Kuripan, Lombok Barat, NTB, Senin (12/2/2024). ANTARA/HO-Lapas Lombok Barat.

Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan dan pengawasan dari kantor wilayah terhadap sejauh mana tugas, fungsi, kewenangan dan tanggung jawab setiap wilayah dapat berjalan dengan maksimal
Mataram (ANTARA) - Jajaran Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengecek persiapan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat yang akan menggelar pemungutan suara pemilu 14 Februari 2024.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kemenkumham NTB Herman Sawiran melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Senin, menjelaskan pengecekan ini untuk memastikan persiapan sarana dan prasarana ataupun petugas hingga keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan pencoblosan di Lapas Lombok Barat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan dan pengawasan dari kantor wilayah terhadap sejauh mana tugas, fungsi, kewenangan dan tanggung jawab setiap wilayah dapat berjalan dengan maksimal," kata Herman.

Baca juga: KPU sosialisasikan tata cara pemungutan suara Pemilu 2024 di Lapas Lombok Barat

Dari hasil pengecekan itu, Kadivpas memastikan bahwa seluruh kelengkapan kegiatan pemungutan suara pemilu mendatang di Lapas Lombok Barat sudah siap dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Lombok Barat M Fadli menyampaikan bahwa pihaknya yang bertugas sebagai kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada 14 Februari 2024 tetap berkoordinasi dengan KPU Lombok Barat.

"Alhamdulillah, tadi pagi juga sudah ada sosialisasi dari KPU dan siang ini, sarana terop untuk TPS juga sudah datang dan segera disiapkan," kata Fadli.

Dia mengatakan di Lapas Lombok Barat, terdapat lima tempat pemungutan suara (TPS) khusus dengan petugas KPPS berasal dari kalangan pegawai Lapas Kelas IIA Lombok Barat.

"Pegawai kami yang bertugas sebagai KPPS sudah dilantik dan mengikuti bimbingan teknis dari KPU Lombok Barat," ucap dia.

Baca juga: 1.178 warga binaan Lapas Lombok Barat masuk DPT Pemilu 2024