Bupati Lombok Tengah cek pemungutan suara Pemilu 2024 di sejumlah TPS

id Pemilu 2024,Lombok Tengah ,NTB,bupati lombok tengah,forkopimda,pemilu 2024,pemungutan suara,TPS

Bupati Lombok Tengah cek pemungutan suara Pemilu 2024 di sejumlah TPS

Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Lalu Fathul Bahri saat menggunakan hak pilihnya di TPS 14 Desa Mertak Tombok, Kecamatan Praya, Rabu (14/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Alhamdulillah sejauh ini proses pemungutan suara Pemilu di Lombok Tengah berjalan aman

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Forkopimda di daerah setempat melakukan pemantauan secara langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan proses pemungutan suara Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah sejauh ini proses pemungutan suara Pemilu di Lombok Tengah berjalan aman," kata Bupati Kabupaten Lombok Tengah, H Lalu Fathul Bahri di Praya, Rabu.

Ia mengatakan, siapa pun peserta yang terpilih baik itu DPRD kabupaten, Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden serta Wakil Presiden itu merupakan putra/putri terbaik bangsa Indonesia.

"Siapa pun yang terpilih, itulah yang terbaik," katanya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah pascapemungutan suara Pemilu 2024.

"Mari kita jaga kamtibmas di Lombok Tengah untuk kemajuan kita bersama," katanya.

Baca juga: Hanya ada di Lombok Tengah, Puluhan narapidana nyoblos bersama warga di TPS umum
Baca juga: KPU Lombok Tengah bakar ribuan surat suara Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Bangkespoldagri Kabupaten Lombok Tengah, Murdi mengatakan pemerintah daerah telah membentuk tim terpadu monitoring situasi politik yang dipimpin langsung bupati dan wakil bupati serta forkopimda Lombok Tengah.

"Tim ini terbagi dua," katanya.

Menurutnya, tim ini dibentuk dengan harapan untuk meningkatkan kamtibmas pada Pemilu 2204, sehingga pesta demokrasi ini berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan.

"Ini salah satu upaya pemerintah untuk mendukung Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar," katanya.

Baca juga: Pertamina pastikan video teks "All In Prabowo-Gibran" di SPBU Lombok Tengah ulah hacker

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah, Hendri Harliawan mengatakan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lombok Tengah mencapai 3316 TPS yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 375.070 pemilih laki-laki dan 397.336 pemilih perempuan.

"Sehingga total DPT Lombok Tengah mencapai 772.406 pemilih," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan jumlah DPT tersebut, jumlah surat suara yang dicetak itu mencapai 772.406 ditambah 2 persen berbasis TPS dengan jumlah surat suara tambahan sebanyak 16.958 surat suara, sehingga total surat suara yang dicetak mencapai 789.364 surat suara untuk masing-masing jenis pemilihan yakni DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024.

"Jadi total surat suara yang dicetak untuk lima jenis surat suara tersebut mencapai 3.946.820 surat suara baik itu untuk caleg DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, presiden dan wakil presiden," katanya.

Jumlah pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 yakni nomor urut (1) Anies-Muhaimin , Paslon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut (2) Prabowo-Gibran, Paslon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut (3) Ganjar-Mahfud.