Bantuan beras cadangan pangan di Mataram siap disalurkan

id beras cadangan pangan, kota mataram,beras,penyaluran beras cadangan

Bantuan beras cadangan pangan di Mataram siap disalurkan

Dokumen: sejumah warga Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, membeli beras SPHP saat kegiatan gerapan pangan murah yang dilaksanakan Dinas Ketahan Pangan Kota Mataram. (ANTARA/Nirkomala)

Dari enam kecamatan, yang sudah mengajukan permintaan untuk bantuan beras cadangan pangan adalah Kecamatan Sandubaya, Selaparang, Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan penyaluran beras cadangan pangan untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat di tengah kenaikan harga beras yang memicu penurunan daya beli.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Mataram H Lalu Johari di Mataram, Rabu, mengatakan beras cadangan pangan yang akan dikeluarkan itu sesuai dengan permintaan dari kecamatan.

"Dari enam kecamatan, yang sudah mengajukan permintaan untuk bantuan beras cadangan pangan adalah Kecamatan Sandubaya, Selaparang, Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan," katanya.

Baca juga: Sebanyak 382,3 ton beras cadangan pangan didistribusikan di Mataram
Baca juga: Sasaran penerima beras cadangan pangan di Mataram bertambah 1.142 KPM


Sementara untuk Kecamatan Mataram belum ada permintaan, tapi untuk Kecamatan Sekarbela sudah diberikan sebelum pendistribusian beras cadangan pangan pemerintah (CPP) pada 4 Februari 2024.

"Bantuan beras cadangan pangan di Sekarbela saat itu kita berikan, karena kondisi cuaca ekstrem, sehingga banyak nelayan tidak melaut," katanya.

Sedangkan rencana pendistribusian beras cadangan pangan ke tiga kecamatan tersebut untuk membantu masyarakat yang mengalami penurunan daya beli akibat kenaikan harga beras dan kebutuhan pokok lainnya.

"Untuk mengeluarkan beras cadangan pangan ke tiga kecamatan itu, kita masih menunggu persetujuan dari Wali Kota Mataram, kemudian kita lanjutkan dengan tahap verifikasi," katanya.

Tahap verifikasi, katanya, dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan beras cadangan pangan yang akan didistribusikan ke kecamatan masing-masing.

"Untuk stok beras cadangan pangan Kota Mataram, kita punya sekitar 10 ton," katanya.

Menurutnya, beras cadangan pangan Pemerintah Kota Mataram dikeluarkan sesuai dengan SK Wali Kota Mataram ketika ada masyarakat yang terdampak bencana, baik bencana alam maupun non-alam.

"Volume beras yang dibagikan berapa kali berbeda-beda sesuai kondisi calon penerima bantuan," katanya.

Baca juga: DKP Kota Mataram usulkan pengeluaran beras cadangan pangan
Baca juga: Mataram siapkan 10 ton beras cadangan pangan antisipasi bencana


Untuk itu, dalam pendistribusian beras cadangan pangan ini, DKP mengeluarkan beras sesuai usulan kelurahan atau kecamatan.

"Beras kita kirim sekaligus, misalnya satu ton. Selanjutnya, kelurahan yang bagi rata ke warga yang membutuhkan sesuai usulan," katanya.

Johari mengatakan sebelum beras dikirim ke kelurahan, DKP melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kualitas beras. Tujuannya agar beras yang diberikan ke masyarakat adalah beras kualitas bagus dan layak konsumsi.

"Jadi, kita pastikan beras cadangan pangan Pemerintah Kota Mataram jenis medium yang memiliki kualitas bagus," katanya.