Pertumbuhan ekonomi di Lombok Tengah capai 5,77 persen

id Ekonomi Lombok Tengah ,NTB,pertumbuhan ekonomi,lombok tengah

Pertumbuhan ekonomi di Lombok Tengah capai 5,77 persen

Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Lalu Pathul Bahri (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Tengah)

Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah Lombok Tengah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lombok Tengah mencapai 5,77 persen pada 2023 atau menunjukkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah Lombok Tengah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri di Praya, Jumat.

Ia mengatakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah telah menetapkan program unggulan yang dicanangkan untuk menyejahterakan masyarakat. Beberapa program unggulan tersebut antara lain peningkatan insentif untuk marbot dan guru ngaji.

"Terdapat 1.642 marbot dan 500 guru ngaji yang mendapat insentif tersebut," katanya.

Baca juga: Lombok Tengah gelar Mandalika Expo mempercepat pertumbuhan ekonomi UMKM

Selain itu juga terdapat program jaminan kesehatan bagi tuan guru dan pemuka agama. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah memberikan kartu maiq meres kepada 327 tuan guru/tokoh agama sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam membentuk karakter masyarakat yang berakhlak mulia.

"Pemerintah daerah juga melakukan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta memberikan asuransi bagi petani dan nelayan," katanya.

Pembangunan fasilitas olahraga juga dilakukan di kecamatan, serta  melakukan ikhtiar perbaikan infrastruktur jalan kabupaten menuju mantap 100 persen.

Ia mengatakan program insentif untuk kepala dusun berupa sepeda motor juga telah diberikan. Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk memberikan akses internet untuk semua masyarakatnya.

"Sekaligus memberikan insentif bagi pemuda berprestasi," katanya.

Baca juga: Festival Kecimol mendukung pertumbuhan ekonomi warga Lombok Timur

Ia mengatakan dari segi pariwisata, di mana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah telah ditetapkan sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas oleh pemerintah pusat. Pemerintah daerah tidak hanya berfokus pada pengembangan KEK Mandalika saja.

"Kami berkomitmen mengembangkan setiap potensi pariwisata yang ada di tingkat desa agar dapat menjadi desa wisata berkelas," katanya.

Semua program-program ini adalah bagian dari upaya pemerintah daerah Lombok Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap dengan program-program ini, masyarakat akan semakin maju dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Festival Lasqi dukung pertumbuhan ekonomi warga Lombok Tengah

Sebelumnya , Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB, Drs. Wahyudin mengatakan ekonomi Nusa Tenggara Barat Triwulan I hingga IV-2023 terhadap triwulan I hingga IV-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 1,80 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan terbesar terjadi pada lapangan usaha konstruksi sebesar 10,87 persen.

"Sementara dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen pembentukan modal tetap bruto," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah sebut gaji 13 dorong pertumbuhan ekonomi UMKM
Baca juga: Bupati Lombok Timur: Pemuda pelopor mendorong pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Motogp Mandalika diharapkan tingkatkan pertumbuhan ekonomi Lombok