353 pelanggan di NTB terima pasang listrik gratis dari PLN

id program donasi pln, listrik gratis, pln ntb

353 pelanggan di NTB terima pasang listrik gratis dari PLN

Sejumlah warga kurang mampu terpilih sebagai pelanggan PLN yang mendapat pemasangan listrik gratis melalui program penyalaan listrik gratis "Light Up Thr Dream" di Mataram, NTB, Sabtu (23/3/2024). (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 353 pelanggan yang tersebar di wilayah Nusa Tenggara Barat menerima pemasangan/penyambungan aliran listrik secara gratis dari PT PLN (Persero) melalui program penyalaan listrik gratis "Light Up The Dream".

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) NTB Sudjarwo dalam keterangan di Mataram, Sabtu, mengatakan jumlah pemasangan listrik secara gratis kepada 353 pelanggan ini merupakan akumulasi sepanjang Maret 2024.

"Jadi, 353 pelanggan di NTB yang dapat penyalaan listrik gratis dari 'Light Up The Dream' ini tercatat dalam periode Maret 2024. Seluruh pelanggan tersebar di Pulau Lombok dan Sumbawa," kata Sudjarwo.

Baca juga: PLN NTB kembali sambung listrik gratis kepada warga tidak mampu

Apabila dikalkulasikan sejak program tersebut diluncurkan, jelas dia, pelanggan yang mendapat pemasangan listrik secara gratis sudah mencapai 20.942 pelanggan.

Dia menjelaskan bahwa PLN melaksanakan program ini secara selektif. Pelanggan yang berhak mendapatkan pemasangan listrik gratis berasal dari kalangan masyarakat kurang mampu.

Dia mengatakan sokongan pembiayaan program ini berasal dari kantong donasi dan zakat pegawai PLN.

Baca juga: 2.277 warga NTB dapat bantuan biaya pemasangan listrik gratis

Hasil dari donasi kemudian direfleksikan dalam bentuk pembayaran biaya pasang baru, token perdana, biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan pemasangan instalasi kelistrikan di rumah pelanggan.

Sudjarwo berharap pegawai yang akan berdonasi melalui program ini dapat terus meningkat agar tujuan dalam memberikan jangkauan sambungan listrik semakin meluas, khususnya di wilayah NTB.

"Dengan makin banyaknya yang berpartisipasi, harapannya makin bisa menyentuh masyarakat yang selama ini mungkin masih belum bisa menikmati listrik sendiri, karena saat ini listrik adalah penggerak seluruh kegiatan ekonomi, penggerak aktivitas dalam kehidupan semua orang," ujar dia.

Program penyalaan listrik gratis "Light Up The Dream" dilaksanakan secara serentak di 134 unit kerja PLN di seluruh Indonesia. Program ini dimulai sejak 2020 dan merupakan bagian dari pelaksanaan program kepedulian pegawai PLN.