Zurich Indonesia perkuat literasi asuransi

id literasi dan inklusi asuransi,civitas akademika UI,UI Mobile

Zurich Indonesia perkuat literasi asuransi

Direktur Utama Zurich Asuransi Indonesia Edhi Tjahja Negara (keenam dari kiri) dan Direktur UI Mobile Kurniawan Saktiaji (keempat dari kanan) meresmikan kemitraan Zurich Indonesia dengan UI Mobile. ANTARA/HO-Zurich Indonesia.

Jakarta (ANTARA) - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life berkolaborasi dengan PT Universal Indonesia Mobile (UI Mobile) untuk meningkatkan literasi dan inklusi asuransi bagi civitas akademika Universitas Indonesia (UI).

“Selama ini, proteksi asuransi masih belum lazim dilihat sebagai prioritas di kalangan muda, padahal kebiasaan memproteksi diri justru harus dimulai dari usia muda,” kata Direktur Utama Zurich Asuransi Indonesia Edhi Tjahja Negara dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, melalui kolaborasi tersebut, pihaknya dapat menjangkau lebih dari 27.000 mahasiswa aktif, alumni, dosen, orang tua, serta staf universitas yang berada dalam ekosistem digital UI Mobile.

Ia menuturkan bahwa upaya tersebut bertujuan untuk mendorong kesadaran dan akses terhadap asuransi umum konvensional, asuransi umum syariah, maupun asuransi jiwa di kalangan akademisi.

“Kolaborasi ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan asuransi yang lebih mudah dipahami dan diakses di lingkungan akademik, sehingga seluruh pihak yang terlibat dapat mengetahui berbagai manfaat asuransi dalam pengelolaan risiko tidak terduga serta perencanaan keuangan yang lebih baik,” ujar Edhi.

UI Mobile merupakan super app khusus bagi kalangan civitas akademika UI yang menawarkan layanan pengecekan nilai mahasiswa, informasi kegiatan belajar mengajar, informasi kegiatan mahasiswa, fitur e-wallet, serta pembayaran biaya kuliah.

Melalui kolaborasi Zurich Indonesia dan UI Mobile, berbagai informasi perlindungan asuransi dapat diakses melalui aplikasi ini, seperti asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan, serta berbagai produk asuransi lainnya.

Direktur UI Mobile Kurniawan Saktiaji menyampaikan bahwa kerja sama tersebut merupakan langkah penting untuk memberikan pemahaman terkait asuransi kepada kalangan muda melalui kanal digital.

Baca juga: Keluarga ikut berperan dalam upaya pencegahan kejahatan siber
Baca juga: Petani rumput laut NTT terima bantuan Kredit Merdeka

Ia mengatakan bahwa mengingat generasi muda merupakan kelompok yang paling memahami teknologi, maka pendekatan yang dilakukan perlu disesuaikan dengan karakter mereka.

Pihaknya pun mengapresiasi terlaksananya kolaborasi dengan Zurich Indonesia yang berupaya mendekatkan literasi dan inklusi asuransi dalam keseharian para mahasiswa dan pengguna ekosistem UI Mobile lainnya sebagai langkah yang menarik.

“Kami optimis bahwa kerja sama ini dapat diterima dengan baik dan dimanfaatkan oleh kalangan civitas akademika UI,” ucap Kurniawan.