Kodim 1620 Lombok Tengah laksanakan program pembibitan 2.000 pohon

id Penghijauan ,TNI,Lombok Tengah ,NTB

Kodim 1620 Lombok Tengah laksanakan program pembibitan 2.000 pohon

Anggota TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi NTB saat melakukan pembibitan pohon dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan (ANTARA/HO-Kodim 1620 Lombok Tengah)

Lombok Tengah (ANTARA) - Kodim 1620/Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan Program Pembibitan 2.000 Pohon sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap lingkungan hidup.

"Program ini bertujuan untuk menghijaukan kembali daerah yang rawan banjir dan longsor di wilayah Lombok Tengah terutama di daerah perbukitan," kata Komandan Kodim/1620 Lombok Tengah Letkol Kav Andi Yusuf Kartanagara di Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan program pembibitan ini adalah program yang dicanangkan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dengan mengusung tema "Bersatu Dengan Alam Untuk Indonesia Hijau" dan merupakan tanggung jawab bersama demi masa depan.

"Kami ingin berkontribusi nyata dalam menjaga kelestarian alam dan membantu mengurangi risiko dampak bencana alam di wilayah Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Jajaran Polres Lombok Tengah tanam ribuan bibit pohon di wisata Aik Bukak

Dengan menanam pohon di daerah-daerah rawan diharapkan dapat mengurangi risiko banjir dan longsor yang sering terjadi.

Pembibitan ini dilakukan di area seluruh jajaran Koramil Kodim 1620 Lombok Tengah dengan melibatkan seluruh anggota, bibit-bibit yang ditanam terdiri dari berbagai jenis pohon yang cocok untuk kondisi tanah dan iklim.

"Seperti pohon trembesi, mahoni, dan sengon," katanya.

Baca juga: Kawasan sumber mata air di Lombok Tengah ditanami pohon

Pemilihan jenis pohon ini dilakukan dengan pertimbangan agar pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat maksimal dalam mengurangi risiko bencana.

"Kegiatan penanamannya di rencanakan akan kami laksanakan pada bulan Agustus 2024 secara bertahap di lokasi yang telah diidentifikasi sebagai daerah rawan banjir dan longsor," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Bumi, Kawasan mata air di Lombok Tengah dihijaukan

Namun ada beberapa desa di tiap kecamatan yang menjadi prioritas untuk penanaman antara lain Batukliang, Kopang, Pringgarata dan Praya.

"Diharapkan dapat membantu memperkuat struktur tanah, menyerap air hujan dengan lebih baik, dan mengurangi erosi,"katanya.

Selain itu, Kodim 1620/Lombok Tengah juga menggandeng semua lembaga pendidikan di sekitar lokasi untuk turut serta dalam program ini. Para siswa diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon dan diberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

"Dengan melibatkan generasi muda, diharapkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dapat ditanamkan sejak dini di lingkungan sekolah," katanya.

Baca juga: TNI ajak warga tanam pohon di kawasan hutan Lombok Tengah NTB