Kawasan sumber mata air di Lombok Tengah ditanami pohon

id Sumber mata air ,Lombok Tengah ,NTB,Penghijauan,Praya,Lombok,Limbok Tengah

Kawasan sumber mata air di Lombok Tengah ditanami pohon

Bupati Lombok Tengah Provinsi NTB H Lalu Pathul Bahri saat menanam pohon di kawasan sumber mata air di daerah setempat, Jumat (07/06/2024). ANTARA/Akhyar Rosidi.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kawasan sumber mata air Tibu Nangklok Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat ditanami pohon dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se-dunia.

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri di Praya Jumat mengatakan, semua stakeholder diharapkan bisa ikut bersama menjaga alam dan melakukan penanaman pohon paling tidak satu orang lima pohon setiap tahunnya.

"Kalau tidak dari sekarang kapan lagi, paling tidak satu orang itu tanam lima pohon," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Bumi, Kawasan mata air di Lombok Tengah dihijaukan

Ia juga berharap agar tidak ada lagi oknum masyarakat yang dengan sembarangan menebang pohon di kawasan hutan, agar sumber mata air Lombok Tengah tetap terjaga.

"Mari kita bersama menjaga hutan dan alam kita," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Lombok Tengah Tirta Ardhia Rinjani Bambang Supratomo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian hari lingkungan hidup se-dunia, setiap OPD diberikan tugas untuk menjadi orang tua asuh dari pohon-pohon yang ditanam.

"Ini bertujuan agar pohon yang sudah ditanam bisa dijaga dan dirawat sampai nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat banyak," katanya.

Baca juga: Kawasan sumber mata air di Lombok Utara NTB ditanami pohon

Dengan kondisi saat ini, memang air menjadi salah satu penyangga kebutuhan nasional maupun internasional.

Karena itu, dengan melakukan penyelamatan hutan dan kegiatan konservasi alam diharapkan dapat terus memberikan dampak bagi alam.

"Kita ingin semua mengambil peran untuk sama-sama menjaga alam, dengan begitu kebutuhan air kita akan tetap ada," katanya.