Peringati Hari Bumi, Kawasan mata air di Lombok Tengah dihijaukan

id Hari Bumi Sedunia ,Sumber mata air ,Lombok Tengah,penghijauan

Peringati Hari Bumi, Kawasan mata air di Lombok Tengah dihijaukan

Salah seorang warga saat menanam pohon di kawasan sumber mata air Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB dalam rangka peringatan hari bumi se dunia, Senin (22/04/2024) (ANTARA/HO-Humas PDAM Lombok Tengah)

Ini bentuk komitmen kami terhadap perlindungan mata air yang ada di wilayah utara Kabupaten Lombok Tengah,

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Perumda Air Minum Tirta Ardhia Rinjani Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan penanaman ratusan pohon di kawasan mata air Desa Lantan dalam rangka peringatan Hari Bumi se-Dunia 2024.

Kepala Bidang Sekretariat PDAM Lombok Tengah, Lalu Khairul Huda di Praya, Senin mengatakan kegiatan penanaman pohon ini berkolaborasi dengan Portir International dan Green Care Indonesia untuk menjaga bumi dengan menjaga hutan dan melakukan penanaman pohon.

"Ini bentuk komitmen kami terhadap perlindungan mata air yang ada di wilayah utara Kabupaten Lombok Tengah," katanya.

Ia mengatakan kegiatan penghijauan tersebut dipusatkan di kawasan Utara untuk menjaga kelangsungan sumber mata air di Lombok Tengah. Lokasinya memang cukup terjal, karena areal tebing yang rawan longsor, sehingga itulah menjadi target perusahaan yaitu pohon-pohon yang di tanam ini dapat menyerap air dan melindungi tebing-tebing jalur perpipaan tidak longsor dengan pohon.

"Tebing yang labil menjadi kuat, sehingga bencana longsor bisa diminimalisir, maka air pun dapat mengalir tanpa ada gangguan," katanya.

Baca juga: Heboh, tiba-tiba muncul sumber air di tengah sawah di Lombok Tengah

Sementara itu, Ketua Portir Internasional Maya Soeripto, mengajak masyarakat untuk menjaga kawasan hutan dengan menanam pohon atau tidak melakukan penebangan.

“Memperingati hari bumi 2024 ini mari kita jaga bumi dengan menjaga hutan," katanya.

Ketua Yayasan Green Care Indonesia Lalu Marjuan Thoyib, mengatakan pentingnya untuk bersama-menjaga bumi dengan menanam pohon setiap hari.

“Spirit menjaga bumi sebenarnya harus kita lakukan setiap hari. Dalam momentum hari bumi, penanaman pohon ini untuk selamatkan sumber mata air kita karena alam memang diciptakan Tuhan untuk manusia," katanya.