Jajaran Polres Lombok Tengah tanam ribuan bibit pohon di wisata Aik Bukak

id Lombok Tengah ,NTB ,Penghijauan ,Polres Lombok Tengah

Jajaran Polres Lombok Tengah tanam ribuan bibit pohon di wisata Aik Bukak

Aksi penanaman pohon di kawasan wisata Aik Bukak, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang digelar Polres dalam rangka HUT Bhayangkara 2024, Kamis (27/06/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Ini untuk menjaga pelestarian lingkungan, khususnya di tempat wisata atau kawasan hutan

Lombok Tengah (ANTARA) - Jajaran Polres Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan penghijauan dengan menanam ribuan bibit pohon di kawasan wisata Aik Bukak dan di wilayah polsek jajaran.

"Ini untuk menjaga pelestarian lingkungan, khususnya di tempat wisata atau kawasan hutan," kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat di Lombok Tengah, Kamis.

Selain untuk menjaga lingkungan, kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan dengan harapan untuk menjaga sumber mata air di wilayah Lombok Tengah, karena kondisi debit sumber mata air terus berkurang setiap tahun.

"Penghijauan ini kami laksanakan secara bertahap di Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Kawasan sumber mata air di Lombok Tengah ditanami pohon

Ia mengatakan penanaman pohon ini dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Lombok Tengah, dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara.

Bibit pohon yang ditanam tersebut, kata dia, dari berbagai jenis, ohon kayu dan pohon buah. Hal itu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam serta menjaga sumber mata air yang ada di wilayah utara. "Jumlah pohonnya sekitar 1000," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Bumi, Kawasan mata air di Lombok Tengah dihijaukan

Selain menanam pohon, pihaknya juga melepas bibit ikan untuk menjaga ketahanan pangan di Lombok Tengah dan pemberian beasiswa terhadap anak-anak berprestasi.

"Jadi kita ingin melihat wisata Aik Bukak ini go public, bukan hanya masyarakat lokal saja yang datang, namun juga masyarakat luar," katanya.

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengantisipasi pembalakan liar oleh oknum.

"Kami terus berkoordinasi untuk menjaga hutan kami dari pembalakan liar yang terjadi, jika ada yang ditemukan akan ditindak tegas," katanya.

Baca juga: TNI ajak warga tanam pohon di kawasan hutan Lombok Tengah NTB
Baca juga: TNI mengajak warga tanam pohon di Bukit Pelet Lombok Tengah