Lombok Tengah tingkatkan keterbukaan informasi publik

id Lombok Tengah ,NTB,PPID

Lombok Tengah tingkatkan keterbukaan informasi publik

Kepala Dinas Kominfo Lombok Tengah, Provinsi NTB Drs Muhamad saat membuka acara bimtek PPID di kantor bupati setempat, Selasa (23/07/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) desa dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Drs Muhamad di Lombok Tengah, Selasa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik di lingkup pemerintahan desa.

"Keterbukaan informasi publik sangat penting untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa. Ini adalah hak dasar setiap masyarakat," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Informasi adalah hak dasar setiap masyarakat yang diatur dalam undang-undang," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi Informasi Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs M Zaini menyampaikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Lombok Tengah dalam menyelenggarakan bimtek ini.

"Pemerintah Lombok Tengah telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung keterbukaan informasi publik di tingkat desa," katanya .

Tahun lalu, wakil dari Lombok Tengah berhasil meraih peringkat ketiga dalam keterbukaan informasi publik tingkat nasional di regional Indonesia Tengah.

Melalui bimtek ini, para PPID desa diharapkan dapat lebih memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam mengelola informasi publik.

"Kegiatan ini mampu mendorong desa-desa di Lombok Tengah untuk semakin transparan dalam memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga tercipta pemerintahan yang lebih terbuka dan akuntabel," katanya.