Harga tembakau untungkan petani di Lombok Tengah

id Harga tembakau ,Petani Lombok Tengah ,Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah ,NTB ,Tembakau

Harga tembakau untungkan petani di Lombok Tengah

Tanaman tembakau milik petani di Lombok Tengah, Provinsi NTB (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan harga tembakau pada musim tanam 2024 ini cukup menguntungkan para petani.

"Harga tembakau saat ini Rp25 ribu per kilogram. Artinya cukup bagus," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah M Kamrin di Lombok Tengah, Rabu.

Ia mengatakan harga tembakau Rp25 ribu per kilogram itu untuk daun bawah, kemudian untuk harga daun atas tentu lebih tinggi, karena kualitas daun tembakau itu cukup bagus dan bisa mencapai Rp35 ribu per kilogram.

"Saat ini telah mulai panen," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah tingkatkan kesejahteraan para petani tembakau

Ia mengatakan luas tanaman tembakau di Lombok Tengah 2024 mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hal itu dampak dari hasil produksi dan harga tembakau cukup baik.

Sedangkan untuk area tanaman tembakau di Lombok Tengah itu tersebar di Kecamatan Kopang, Janapria, Praya Timur, Pujut, Praya Barat dan Praya.

"Luas tanam tembakau 2022 itu 9 ribu hektare, 2023 mencapai 12 ribu hektare dan 2024 mencapai 14 ribu hektare," katanya.

Baca juga: Pertanian tembakau di Lombok Tengah kekurangan air irigasi

Berdasarkan aturan dari pemerintah, para petani tembakau tidak mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi, namun pemerintah daerah telah memberikan bantuan pupuk untuk para petani dengan luas 10 ribu hektare.

"Petani tembakau tidak mendapatkan pupuk bersubsidi," katanya.

Ia mengatakan produksi tembakau saat ini cukup baik, karena cuaca yang cukup mendukung, sehingga penjual tembakau tidak hanya dilakukan dalam bentuk oven, namun dijual dalam bentuk tembakau rajangan.

"Banyak petani yang menjual hasil tembakau mereka dalam bentuk rajangan, karena harga lebih bagus," katanya.

Baca juga: Para petani di Lombok Tengah mulai tanam tembakau
Baca juga: Alokasi dana cukai tembakau di Lombok Tengah capai Rp72 miliar