Pemkab Lombok Tengah tingkatkan kesejahteraan para petani tembakau

id Petani tembakau ,NTB,Lombok Tengah ,Kemitraan

Pemkab Lombok Tengah tingkatkan kesejahteraan para petani tembakau

Tanaman tembakau milik petani di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Jumat (13/09/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan diseminasi kemitraan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani tembakau di daerah setempat.

"Kegiatan ini salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi para petani tembakau," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah M Kamrin di Lombok Tengah, Jumat.

Baca juga: Pertanian tembakau di Lombok Tengah kekurangan air irigasi

Ia mengatakan kemitraan petani tembakau dengan perusahaan di Lombok Tengah saat ini masih terbatas, sehingga diperlukan perluasan kemitraan agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi para petani tembakau.

"Mitra petani tembakau di Lombok Tengah itu kami perluas, agar penasaran hasil panen tembakau itu lebih luas juga," katanya.

Ia mengatakan luas area tanam tembakau di Lombok Tengah saat ini meningkat menjadi 14 ribu hektar bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya diangkat 9 ribu hektar.

"Hal itu menjadi dasar pemerintah daerah memperkuat kemitraan, agar pemasaran tembakau itu lebih maksimal atau terserap semua," katanya.

Baca juga: Para petani di Lombok Tengah mulai tanam tembakau

Ia mengatakan penjualan tembakau hasil panen petani itu tidak hanya dilakukan melalui proses open tembakau, namun sebagian dilakukan melalui tembakau rajang.

"Pengusaha tembakau ini lebih banyak dari luar daerah, sehingga kemitraan ini diharapkan bisa memberikan kepastian pasar bagi para petani di Lombok Tengah," katanya.