Mataram (ANTARA) - Sejumlah pembalap MotoGP direncanakan akan mengikuti parade di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjelang balapan di Sirkuit Mandalika pada 27-29 September 2024.

"Ada 11 pembalap yang akan ikut di parade ini pada 26 September," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady di Mataram, Senin.

Ia mengatakan para pembalap yang akan mengikuti parade di antaranya Francesco Bagnaia, Marc Marquez, Fabio Quartararo, Jorge Martin, Enea Bastianini, Pedro Acosta, Franco Morbidelli, Maverick Vinales, dan lainnya.

"Yang ikut parade ini pembalap MotoGP peringkat 1 sampai dengan peringkat 11 dunia. Bukan pembalap Moto3 dan Moto2 seperti tahun 2023," ujarnya.

Baca juga: Pembalap MotoGP Mandalika direncanakan parade di Mataram

Jamaludin menyampaikan untuk rute parade ini para pembalap dimulai dari komplek Masjid Hubbul Wathan Islamic Center dan selesai di Teras Udayana, Kota Mataram.

Parade pembalap MotoGO ini diungkapkan pada saat dirinya hadir mewakili Pj Gubernur NTB di acara Meet and Greet" bersama Dua Raider MotoGP Marco Bezzecche dan Fabio Di Giannantonio beberapa waktu lalu di Bali.

Sebelumnya, menjelang MotoGP Indonesia, sejumlah persiapan mulai dilakukan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Satu di antaranya, dengan mengecat ulang lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Sirkuit Mandalika ini dicat total, agar warna merah putih terlihat jelas ketika direkam helicam saat balapan," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Baca juga: Pembalap MX2 asal Indonesia promosikan lewat aplikasi PLN Mobile

Ia mengatakan pengecatan dilakukan mulai bulan Agustus dan akan dilakukan secara keseluruhan dari garis start hingga finis.

"Saat MotoGP 2023 pengecatan dilakukan hanya sebagian, sehingga semua cat di Sirkuit Mandalika sudah mulai pudar," katanya.

Selain melakukan pengecatan lintasan sirkuit, pihaknya juga melakukan perpanjangan atap tribun A dan B pada pekan ini. Sedangkan untuk tribun lainnya apakah diberikan atap atau tidak, belum bisa dipastikan.

"Atap tribun A dan B yang diperpanjang," katanya.

'Side event' untuk musik saat ini masih tahap finalisasi oleh penyelenggara dan pihak terkait mulai dari Injorny dan Kementerian BUMN untuk menentukan musik yang ditampilkan, hingga pemetaan keramaian apa yang cocok untuk menyambut MotoGP ini.

“Untuk MotoGP 2024 ini juga ada beberapa aitem yang akan dilakukan perubahan seperti padock, kami siap menuju MotoGP 2024,” katanya.

Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah ajang MotoGP untuk ke tiga kali setelah sebelumnya menjadi tuan rumah ajang MotoGP 2022 dan 2023.

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024