Satgas: Tes usap antigen COVID-19 akan menyasar ponpes di Kota Mataram

id covid,mataram,swab

Satgas: Tes usap antigen COVID-19 akan menyasar ponpes di Kota Mataram

Seorang karyawan Bank NTB Syariah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2-2021), mengikuti tes usap (swab test) antigen COVID-19 secara massal dilaksanakan oleh tim Satgas COVID-19 Kota Mataram. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengatakan kegiatan tes usap antigen COVID-19 secara massal akan menyasar pondok pesantren (ponpes) dan sejumlah panti asuhan sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

"Kita ingin selain mengambil sampel acak di perkantoran dan fasilitas umum, ke depan dijadwalkan juga di sejumlah ponpes dan panti asuhan," kata Anggota Satgas COVID-19 Kota Mataram dr H Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Selasa.

Herman Mahaputra yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram mengatakan perluasan sasaran itu dilakukan untuk mencapai target pengambilan sampel tes usap antigen COVID-19 sebanyak 3.000, sekaligus mengejar target agar Mataram keluar dari zona oranye (risiko sedang) menjadi zona hijau COVID-19.

"Dari data terakhir, kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal yang sudah dilaksanakan baru mendapatkan sekitar 467 sampel. Jumlah ini tentu masih jauh dari yang kita harapkan," katanya.

Menurutnya, kondisi itu terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor di antaranya adanya masyarakat yang takut. Indikasinya juga karena informasi kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal terutama pada fasilitas publik bocor.

"Informasi kegiatan kita ini bocor sehingga pengunjung di fasilitas publik seperti di mal, pasar dan supermarket sepi," katanya.

Terkait dengan itulah, hari ini pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap hasil kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal, sekaligus membuat jadwal baru serta titik-titik sasaran baru lainnya.

"Dengan harapan, hasil kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal ke depan bisa lebih maksimal sebab kalau pasien positif COVID-19 tidak terdeteksi maka bisa berpotensi melakukan penyebaran secara luas," katanya.

Dikatakan, kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal dinilai penting untuk melihat tingkat penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Apabila hasil temuan positif kecil dari jumlah sampel yang diambil berarti Mataram aman.

Dengan demikian, masyarakat yang hendak berkunjung ke Kota Mataram bisa lebih nyaman dan merasa aman karena penyebaran COVID-19 kecil.

"Para tamu baik dalam maupun luar daerah juga akan melihat seperti apa pemerintah kota melakukan pencegahan dan 'tracing' terhadap areal-areal yang berpotensi menjadi tempat penyebaran COVID-19," katanya.