Satgas: Tes usap antigen massal COVID-19 di Kota Mataram capai 1.500 sampel

id covid,mataram,swab

Satgas: Tes usap antigen massal COVID-19 di Kota Mataram capai 1.500 sampel

Petugas dari tim Satgas COVID-19 Kota Mataram, menyimpan sampel tes usap (swab test) antigen COVID-19 yang baru diambil dari warga di Pasar Dasan Agung, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Senin (8/2-2021). (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal yang dilaksanakan mulai Senin (8/2) mencapai 1.500 sampel dari target 3.000 sampel.

Anggota Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kota Mataram, dr H Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Kamis, mengatakan dari 1.500 sampel yang sudah diambil dari beberapa perkantoran dan fasilitas publik terindikasi ada dua yang positif COVID-19.

"Tapi kami belum berani mengatakan positif secara final sebab hasil pemeriksaan PCR atau 'polymerase chain reaction' belum keluar," katanya kepada sejumlah wartawan.

Ia berharap target 3.000 pengambilan sampel tes usap tersebut bisa terealisasi sampai akhir pekan ini. Untuk mencapai target tersebut, telah disiapkan kegiatan untuk perluasan pengambilan sampel selain di perkantoran dan fasilitas publik juga akan dilaksanakan di sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan.

"Perluasan sasaran itu dilakukan untuk mengejar target agar Mataram keluar dari zona oranye (risiko sedang) menjadi zona hijau COVID-19," kata dr Herman Mahaputra yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram.

Dikatakan, kegiatan tes usap antigen COVID-19 massal dinilai penting untuk melihat tingkat penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Apabila hasil temuan positif kecil dari jumlah sampel yang diambil berarti Mataram aman.

Dengan demikian, masyarakat yang hendak berkunjung ke Kota Mataram bisa lebih nyaman dan merasa aman karena penyebaran COVID-19 kecil.

"Para tamu baik dalam maupun luar daerah juga akan melihat seperti apa pemerintah kota melakukan pencegahan dan tracing terhadap arel-areal yang berpotensi menjadi tempat penyebaran COVID-19," katanya.

Ditambahkannya, selain dilaksanakan oleh tim RSUD Kota Mataram, kegiatan tes usap antigen COVID-19 juga dilaksanakan oleh tim dari 11 puskesmas se-Kota Mataram dengan target 1.100 sampel.

"Jadi satu puskesmas masing-masing harus mendapatkan 100 sampel. Kegiatan tes usap massal yang dilakukan puskesmas tetap berada di bawah koordinasi kami," katanya.