Verifikasi 32.163 KK calon penerima JPS PPKM rampung

id jps,mataram,ppkm

Verifikasi 32.163 KK calon penerima JPS PPKM rampung

Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Hj Baiq Asnayati. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan verifikasi data calon penerima paket bantuan jaring pengaman sosial (JPS) pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sebanyak 32.163 kepala keluarga (KK) sudah rampung.

"Alhamdulillah, verifikasi data calon pemerima paket bantuan JPS PPKM sudah selesai pada angka 32.163 KK. Insya Allah tidak ada perubahan lagi, dan kami segera ajukan untuk penerbitan surat keputusan (SK) Wali Kota Mataram," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mataram Hj Baiq Asnayati di Mataram, Senin.

Menurutnya, data penerima paket bantuan JPS PPKM tersebut diprioritaskan bagi masyarakat yang terdampak PPKM Level 4. Selain itu, tidak masuk menjadi pemerima bantuan sosial tunai (BST), program keluarga harapan (PKH) maupun batuan pangan nontunai (BPNT).

"Tujuannya, agar bantuan bisa merata dan menyentuh masyarakat kota secara lebih luas," katanya.

Asnayati mengatakan, data calon penerima paket bantuan JPS PPKM itu sesuai dengan usulan dari masing-masing kelurahan, sehingga sasaran tidak tumpang tindih dengan program dari Kementerian Sosial RI.

"Jadi by name by address calon penerima paket bantuan JPS PPKM sudah siap kami SK-kan, untuk memudahkan dalam pendistribusian di masing-masing kelurahan," katanya.

Lebih jauh Asnayati mengatakan, paket bantuan JPS PPKM dipastikan mengakomodasi berbagai hasil produk usaha kecil mikro (UKM) sebagai upaya membantu pertumbuhan ekonomi mereka.

"Yang kami beli di luar UKM hanya beras, sebab tidak ada UKM kita yang memproduksi beras, sedangkan lainnya, semua merupakan hasil olahan UKM Kota Mataram," katanya.

Menurutnya, beberapa jenis hasil olahan UKM yang akan menjadi bagian dari paket JPS PPKM, antara lain abon ikan, kue kering dan kerupuk kulit dengan ketentuan nilai satu paket JPS PPKM Rp150.000, dengan total anggaran disiapkan Pemerintah Kota Mataram Rp5 miliar.

"Kami tidak menyediakan sabun, masker atau hand sanitizer, seperti JPS tahun lalu, karena anggaran yang tersedia tidak mencukupi. Kalau tahun lalu satu paket JPS nilainya Rp250.000," katanya.

Sementara target pendistribusian, akan diawali dengan penyerahan secara simbolis pada 31 Agustus 2021, dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 Kota Mataram.

"Kami berharap melalui bantuan paket JPS PPKM ini, bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19," ujarnya.