Nilai investasi di Lombok Tengah bertumbuh signifikan

id Investasi,lombok tengah

Nilai investasi di Lombok Tengah bertumbuh signifikan

F/Bazar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok Tengah

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mencatat nilai investasi penanaman modal asing mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun 2017-2020 dampak dari pembangunan maupun pengembangan destinasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Nilai investasi asing di Lombok Tengah saat ini sebesar Rp999 miliar," kata Kepala DPMPTSP Lombok Tengah, Muhamad di Praya, Jumat.

Selain nilai investasi asing, pertumbuhan nilai investasi dalam negeri di Kabupaten Lombok Tengah mulai meningkat sejak tahun 2017 yakni Rp71 miliar, nilai investasi tahun 2018 sebesar Rp130,27 miliar, tahun 2019 sebesar Rp118,8 miliar.

"Nilai investasi penanaman modal dalam negeri juga mengalami pertumbuhan yang baik pada kurun waktu yang sama," katanya.

Ia mengatakan, dukungan investasi merupakan salah satu faktor yang mendukung terpeliharanya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lombok tengah. Sehingga seminar yang digelar itu bertujuan untuk mensinergikan dan mensikronkan berbagai pemikiran serta kegiatan berbagai pihak dalam upaya percepatan laju pertumbuhan investasi di Lombok Tengah

"Seminar ini juga bertujuan untuk membangun komitmen bersama antara pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan dalam mewujudkan Lombok tengah layak investasi," katanya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lombok Tengah saat ini mengalami fluktuasi pada kurun waktu 2016-2019, tahun 2016 sebesar 9,89 persen, tahun 2017 sebesar 9,40 persen, tahun 2018 sebesar 5,93 persen dan tahun 2019 sebesar 6,98 persen.

"Kondisi ini disebabkan oleh dampak gempa bumi yang melanda pulau Lombok pada bulan Juli hingga Agustus 2018 dan diperkirakan juga mengalami penurunan di tahun 2020 sebagai akibat pandemi COVID-19," katanya.

Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah mengatakan, perkembangan Lombok Tengah saat ini cukup pesat, bahkan saat ini telah menjadi sorotan masyarakat dunia.

“Atas nikmat Allah yang luar biasa, daerah kita saat ini telah dipandang oleh masyarakat dunia, terlebih atas terlaksananya Wolrd Superbike (WSBK) Sirkuit Mandalika," katanya.

Nursiah juga menyoroti soal tingginya angka kunjungan saat WSBK yang lalu, apakah pengunjung menginap di hotek yang ada di Kabupaten Lombok Tengah atau di daerah lainnya.

"kunjungan yang tinggi akan signifikan dampaknya bagi daerah kita apabila tamu yang hadir juga menginap dalam jangka waktu yang lebih lama di daerah kita," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021