AKBAR TANJUNG: GOLKAR MILIKI BANYAK CALON PRESIDEN

id

Jambi (ANTARA) - Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tanjung menyatakan, Parta Golkar banyak memiliki calon presiden yang akan maju menjadi orang nomor satu di Indonesia pada Pemilu Presiden mendatang.

"Banyak kader Golkar yang diajukan menjadi presiden, namun hal itu belum ditentukan oleh organisasi, karena akan dibahas lewat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) usai Pemilu Legislatif 9 April 2009," kata Akbar Tanjung di Jambi, Kamis.

Nama-nama Kader Golkar yang muncul menjadi orang nomor satu di Indonesia itu di antaranya Jusuf kalla, Aburizal Bakrie, Surya Paloh dan Akbar Tanjung.

Penentuan calon presiden dari Partai Golkar itu, nantinya akan ditentukan lewat Rapimnas, apakah disepakti hanya dipilh satu orang atau melalui konvensi.

Menyikapi apakah Golkar akan berkoalisi dengan partai lainnya, Akbar Tanjung mengatakan, kemungkinan besar partai berlambang pohon beringin itu akan berkoalisi, namun belum ditentukan dengan partai apa.

Golkar juga akan mencari partai lain untuk berkoalisi, karena bila berdiri sendiri tidak akan mampu, dan itu akan dilakukan setelah hasil penghitungan Pemilu Legislatif nanti.

"Pengurus, sesepuh dan dewan penasihat Partai Golkar, setelah Pemilu Legislatif akan membahas koalisi yang akan dilakukan, dan pada rapimnas akan ditetapkan kader yang akan dicalonkan jadi presiden,` katanya.

Akbar Tanjung datang ke Jambi dalam rangka menghadiri kampanye mimbar terbuka di kabupaten sarolangun, sekaligus sebagai Juru Kampanye (Jurkam) pusat.(*)