PT SMI membantu pembenahan infrastruktur jalan di Lombok Tengah

id Jalan

PT SMI membantu pembenahan infrastruktur jalan di Lombok Tengah

Ilustrasi - Salah seorang pengendara motor saat melintasi ketika air sungai meluap di jalan raya Kota Praya Lombok Tengah, NTB (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) memberikan bantuan pinjaman sebesar Rp200 miliar untuk peningkatan kualitas infrastruktur jalan di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Peningkatan infrastruktur jalan dengan dana pinjaman tersebut akan mulai dikerjakan dalam waktu dekat," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lalu Rahadian di Praya, Kamis.

Ia menjelaskan proses tender 14 paket ruas jalan yang akan dikerjakan dengan dana tersebut telah telah selesai dilakukan dan saat ini masih menunggu hasil pengumuman pemenang tender.

Setelah itu, lanjut dia, baru kemudian dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengerjaan proyek dan selanjutnya proyek mulai digarap untuk tuntas pada tahun ini.

"Proses tender telah selesai, masih menunggu pemenang," ujar Lalu.

Ia mengatakan, ruas jalan kabupaten dalam kondisi baik telah meningkat setiap tahunnya, dari 447 kilometer menjadi 529 kilometer di 2021, dari total panjang jalan kabupaten 809 kilometer. "Meningkat 65 persen," katanya.

Dari jalan yang dalam kondisi baik tersebut, masih ada yang mengalami kerusakan, sehingga pinjaman ini akan bermanfaat untuk pembenahan kualitas jalan agar sepenuhnya optimal untuk mendukung pergerakan maupun aktivitas masyarakat.

"Panjang jalan yang dikerjakan tahun ini yakni 70 kilometer melalui dana pinjaman tersebut," katanya.