Pasar Sore Malam di Lombok Tengah dukung pertumbuhan UMKM

id Pasar Malam

Pasar Sore Malam di Lombok Tengah dukung pertumbuhan UMKM

Pasar Sore Malam (Pasoma) di Dusun Bilemantik, Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah resmi dibuka dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM di desa setempat.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pasar Sore Malam (Pasoma) di Dusun Bilemantik, Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah resmi dibuka dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM di desa setempat.

Ketua Panitia pembukaan Pasar Malam, Yunus di Praya, Jumat, mengatakan, pasar malam ini dibuka satu kali dalam seminggu setiap hari Jumat mulai sore sampai malam. 

"Malam ini merupakan malam pembukaan, dan selanjutnya kembali dibuka pada hari jumat kedepannya dan seterusnya," katanya. 

Dengan adanya pasar ini akan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19 dan mempercepat pertumbuhan UMKM. Untuk itulah pihaknya berharap kepada semua pihak baik pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten bisa mendukung pasar malam tersebut.

"Masih banyak kekurangan fasilitas untuk mendukung kegiatan ini, sehingga kami berharap dukungan dari pemerintah daerah," katanya. 

Para pelaku UMKM yang berjualan di pasar malam ini mulai dari penjual pentol, bakso, gorengan, es, pakai, kebutuhan pokok serta enekan permainan lainnya. Pihaknya juga masih membuka ruang bagi para pelaku yang ingin berjualan di pasar malam tersebut atau tidak ada pembatasan.

"Banyak para pelaku UMKM yang berjualan, tidak hanya dari Desa Gemel, tapi dari luar desa juga banyak yang datang," katanya. 

Pantau wartawan di pasaran malam tersebut, warga terlihat menyemut dan sengaja datang bersama keluarga untuk melihat langsung pembukaan pasar malam tersebut. 

"Ini cukup bagus, semoga bisa terus berlanjut, dan bisa memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat," kata Abiyan salah satu warga setempat. 

Hal yang sama dikatakan, Awaludin penjual pentol di Pasar Malam, ia sangat mendukung kegiatan ini dan berharap bisa terus berlanjut setiap minggu, tidak hanya ramai pada malam pembukaan. 

"Semoga tetap ramai, fasilitas yang disiapkan panitia cukup baik, seperti lampu penerang," katanya.