Forikan NTB mengajak masyarakat gemar konsumsi ikan cegah stunting

id NTB,Forikan NTB,Ikan,Kekerdilan ,Stunting

Forikan NTB mengajak masyarakat gemar konsumsi ikan cegah stunting

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat Sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemarikan) dan Pelatihan Pengelolaan Ikan di Kantor Desa Montong Gamang, Lombok Tengah, Senin (21/11/2022). (ANTARA/Pemprov NTB).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Nusa Tenggara Barat, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, mengajak masyarakat untuk selalu gemar mengkonsumsi ikan guna mencegah kekerdilan atau stunting pada anak.

"Pelatihan seperti ini menjadi salah satu wadah untuk mensosialisasikan pentingnya mengonsumsi ikan. Mengingat konsumsi ikan sangat erat kaitannya dengan angka stunting.

Semakin tinggi angka konsumsi ikan, maka semakin kecil angka stunting di NTB ini," kata Niken di Aula Kantor Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Senin.

Ia menilai mengonsumsi ikan penting bagi kesehatan, karena ikan memiliki gizi yang tinggi untuk kecerdasan, pertumbuhan dan mencegah stunting pada anak.

"Bahan dasar ikan bisa dijadikan bakso dan siomay yang nikmat dan bisa menjadi menu keluarga sehat," ujarnya saat Sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemarikan) dan Pelatihan Pengelolaan Ikan yang bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkannas).

Oleh karena itu, menurut Ketua TP PKK NTB ini berharap agar masyarakat untuk pentingnya mengonsumsi ikan, utamanya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ia menambahkan, bahwa ikan adalah salah satu komoditi yang memiliki gizi lengkap, namun harganya terjangkau, sehingga kadang kala kurang diperhatikan oleh masyarakat.

"Ikan adalah salah satu protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui serta masyarakat umumnya. Saya mengajak masyarakat untuk rajin mengonsumsi ikan agar masyarakat NTB dapat terbebas dari stunting," katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada kader PKK, Posyandu dan ibu-ibu masyarakat Montong Gamang, untuk terus diingatkan untuk mengonsumsi ikan seperti ini. Sebab, terkadang masyarakat lalai akan pentingnya hal ini untuk pertumbuhan generasi muda NTB.

“Ayo kita makan ikan setiap hari, karena ikan lebih murah dari daging dan proteinnya ikan sangat penting untuk kita semua. Mudah, murah dan lengkap gizi-nya. Kalau kita makan ikan Insya Allah kita akan jadi sehat, kuat dan cerdas," tambah istri Gubernur NTB ini.

Kades Montong Gamang, Sofiyan menyampaikan apresiasi karena bisa memberikan motivasi dan kesadaran bagi warganya agar mau dan gemar makan ikan.

"Kami terimakasih sebagai motivasi bagi masyarakat untuk gemar makan ikan," katanya.