Angkasa Pura memberikan bantuan perpustakaan digital di Mandalika

id Pojok digital ,Lombok Tengah

Angkasa Pura memberikan bantuan perpustakaan digital di Mandalika

Perpustakaan digital di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB (ANTARA/HO-Humas Bandara Lombok)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Lombok, Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan berupa perpustakaan digital kepada Pojok Literasi Mandalika di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

"Ini sebagai bentuk komitmen dan dukungan Angkasa Pura I dalam ikut serta memajukan pendidikan melalui penumbuhan minat baca masyarakat, utamanya anak-anak usia sekolah dan remaja di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika," kata Juru Bicara Bandara Lombok Arif Haryanto di Praya, Senin.

Perpustakaan digital merupakan pusat koleksi baik berupa buku (teks), gambar, serta suara dalam bentuk data elektronik dengan sistem digital berbasis jaringan nirkabel (wifi) tak berbayar.

Perpustakaan digital di Pojok Literasi Mandalika ini berupa dua perangkat komputer yang bisa mengakses materi-materi berupa koleksi buku pelajaran SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 (K-13) dan Kurikulum Merdeka, buku elektronik (e-book) bacaan dari Penerbit Balai Pustaka meliputi kategori sastra klasik, bacaan anak, remaja, dan umum.

"Juga tersedia video animasi dan edukasi, audiobook, serta company profile dan video-video Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Angkasa Pura I," katanya.

Bantuan perpustakaan digital melalui Program TJSL Angkasa Pura I ini melengkapi fasilitas perpustakaan dan mobil perpustakaan keliling bantuan BUMN yang telah ada sebelumnya di Pojok Literasi Mandalika.

"Perpustakaan digital ini diharapkan dapat semakin membantu meningkatkan minat baca anak-anak dan remaja di Lombok Tengah," katanya.

Pengelola Pojok Literasi Mandalika, Sri Anom Putra Sanjaya, menyampaikan terima kasih atas bantuan perpustakaan digital dari Angkasa Pura I untuk Pojok Literasi Mandalika. Anak-anak di daerah itu antusias membaca bacaan melalui komputer perpustakaan tersebut.

Ke depan, katanya, akan dibuatkan jadwal agar anak-anak tersebut bisa bergiliran datang ke tempat itu.

"Kami akan terus mengajak dan mendorong anak-anak untuk memanfaatkan fasilitas ini secara maksimal. Semoga Pojok Literasi Mandalika bisa menjadi pilot project (proyek percontohan) di Kabupaten Lombok Tengah,” katanya.